6 Langkah Mengatasi Masalah Gizi Anak

Masalah gizi anak, baik gizi kurang atau lebih, termasuk masalah yang sering dialami orangtua. Tentu perkara gizi tidak bisa diabaikan begitu saja. Gizi menjadi salah satu fondasi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikut poin-poin penting cara mengatasi masalah gizi pada anak yang perlu orangtua ketahui:

  1. Lakukan secara terus menerus evaluasi status gizi anak dengan menimbang berat badan dan mengukur tinggi anak, serta membandingkannya dengan diagram dari WHO. Bila anak berada dalam status gizi kurang atau lebih, segera konsultasikan dengan petugas kesehatan. Selengkapnya tentang cara membaca kurva WHO di sini.
  2. Perbanyak pengetahuan gizi bagi orang tua. Orang tua harus punya pengetahuan gizi karena gizi anak sangat ditentukan oleh orang tua sebagai pengasuh anak. Biasakan membaca buku-buku tentang gizi dan kesehatan anak, konsultasi dengan dokter atau ahli gizi dan kesehatan.
  3. Beri anak pendidikan gizi. Biasakan untuk memberikan informasi tentang makanan sehat dan bergizi pada anak. Orang tua bisa memberikan contoh makanan sehat dan makanan tidak sehat.
  4. Berikan anak menu gizi seimbang. Pilih makanan yang sehat buat anak, biasakan memasak sendiri makanan untuk anak agar bisa diketahui nilai gizinya.
  5. Hindari kebiasaan memberi makanan siap saji pada anak karena biasanya tidak segar, zat gizinya kurang lengkap karena tidak memenuhi syarat gizi seimbang, bahkan banyak mengandung zat berbahaya seperti pengawet, pewarna, dan penguat rasa.
  6. Latih anak untuk selalu mengonsumsi sayuran dan buah. Hindari jajanan yang mengandung banyak gula karena akan membuat anak merasa kenyang sebelum makan.

Selamat mencoba!

10/21/2015
Reqgi First Trasia, dr.

Referensi :
1. Nnakwe EN. 2009. Community Nutrition. Planning Health Promotion and Disease Prevention. Jones and Bartlett Publishers. Sudbury, Massachusetts, Boston, Toronto, London.
2. Jakes HCM, Drake JL, Bundy Pad. 2008. School Health, Nutrition and Education for All Leveling The Playing Field. CABI Publishing. USA.
3. Gunde R. 2004. School Children in the Developing World: Health, Nutrition, and School Performance. UCLA International Institute.
4. Kementerian Kesehatan RI. 2011. Keputusan Menteri tentang Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Jakarta.
5. Hadi. 2005. Beban Ganda Masalah Gizi dan Implikasinya terhadap Kebijakan Pembangunan Kesehatan Nasional. Fakultas Kedokteran, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *