Air Kelapa Muda untuk Bayi dan Anak

Q : Bun, Boleh tidak ya memberikan air kelapa muda untuk bayi? (Ibu V)

A: Pemberian air kelapa pada bayi yang lebih dari 6 bulan dan anak relatif aman, bunda. Faktanya, air kelapa muda yang baru saja dibelah sama sterilnya dengan air saline steril (1). Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Adams, 1992 yang melibatkan 40 anak yang mengalami diare. 20 anak diberikan cairan rehidrasi oral dari WHO dan 20 anak lagi mendapatkan air kelapa muda. Kesimpulannya air kelapa bisa mencegah dehirdrasi pada anak yang diare ringan, status nutrisi yang baik dan dari hasil klinis/ lab tidak ada gejala dehidrasi. Tapi air kelapa muda tidak boleh diberikan pada anak yang mengalami kolera berat, dehidrasi berat, atau gangguan ginjal. Selain itu, sebaiknya hindari pemberian air kelapa muda pada bayi kurang dari 6 bulan. Bayi-bayi muda ini hanya membutuhkan ASI sebagai sumber nutrisi.Adapun kelemahan penelitian ini sampel nya yang relatif kecil.(2)

Bila ibu ingin memberi air kelapa muda untuk bayi dan anak perhatikan hal ini : (3)

  • selalu pilih kelapa hijau yang segar
  • pastikan kelapa di belah di depan ibu (supaya ibu tahu kesegarannya & keamanannya)
  • segera minum setelah dibuka karena air kelapa bisa berkurang nutrisinya bila terlalu lama didiamkan
  • gunakan sedotan yang bersih atau tuang di gelas yg bersih sebelum diminumkan pada anak.

Semoga menjawab ya, bunda

Agustina Kadaristiana, dr.

Sumber :

  1. Kuberski T, Roberts A, Linehan B, Bryden RN, Teburae M. Coconut water as a rehydration fluid. The New Zealand medical journal. 1979;90(641):98-100.
  2. Adams W, Bratt DE. Young coconut water for home rehydration in children with mild gastroenteritis. Tropical and geographical medicine. 1992;44(1-2):149-53.
  3. What are the benefits of coconut water and can my toddler have some? 2013. Available from: http://www.babycenter.in/x1019330/what-are-the-benefits-of-coconut-water-and-can-my-toddler-have-some#ixzz3FpeC5V1v.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *