Anjuran Saat Hamil : Mitos atau Fakta?

Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya, bagi Anda yang sudah membaca, yaitu seputar mitos atau fakta selama berlangsungnya masa kehamilan. Mari kita simak.

1. Minum air kelapa hijau

133477_es-kelapa-muda_641_452Boleh-boleh saja. Air kelapa hijau adalah air mineral alamiah. Air kelapa memiliki kandungan mineral, protein, dan vitamin yang luar biasa. Protein yang terkandung adalah alanin, sistin, arginin, alin, serin, histidin, fenilalanin dan tirosin. Sedangkan kandungan vitaminnya yang paling dominan adalah vitamin C, selain itu terkandung pula vitamin B kompleks. Air kelapa juga mengandung mineral.

2. Makan dua piring untuk sekali makan

Nasi-Bakul-di-Warung-Nasi-Bakul-NgebulTidak benar. Ibaratnya, karena ibu hamil harus memberi makan untuk 2 orang, jumlah yang dimakan harus dua kali lipat. Apa akibatnya? Berat badan ibu akan naik secara berlebihan (diatas 20 kg), belum lagi kalau bayinya ikutan jadi besar. Bayi besar menimbulkan masalah tersendiri saat dilahirkan, sedangkan ibu yang kenaikan berat badannya di saat hamil berlebihan akan mengalami kesulitan untuk kembali ke berat badan seperti sebelum hamil.

3. Mengonsumsi 1 sendok minyak kelapa setiap hari akan membuat proses kelahiran bayi jadi mudah

Minyak-KelapaTidak benar. Ibarat jalan tol tersiram oli, apa yang lewat diatasnya pasti tergelincir. Seperti itulah kiranya yang diharapkan dari mengonsumsi minyak kelapa pada saat hamil. Angan-angannya, lahirnya bayi akan lancar karena jalan lahirnya jadi licin. Boleh saja mengonsumsi minyak kelapa yang kandungan antioksidannya tinggi dengan pertimbangan kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun, hal ini belum terbukti mampu mempermudah proses kelahiran bayi.

4. Jalan pagi

Disarankan. Ibu hamil sangat disarankan untuk berolahraga selama 30 menit tiap hari untuk menjaga stamina dan peredaran darah. Tentu setelah berkonsultasi dengan tenaga kesehatan mengenai kondisi ibu. Olahraga yang paling mudah dan relatif aman ialah jalan pagi. Namun, jalan bukanlah satu-satunya pilihan olahraga saat hamil. Anda bisa mencoba prenatal yoga, berenang, kegel, dll.

5. Jongkok

Aktivitas berjongkok (squatting) memang dapat membantu membuka panggul untuk persiapan persalinan. Namun, aktivitas ini harus dilakukan secara benar. Latihan jongkok yang benar dimulai dari berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu, lalu perlahan-lahan tekuk lutut di samping kaki dengan posisi badan tetap tegak selama 10-30 detik. Perlu diingat lutut tidak boleh menonjol di depan kaki Anda.

Diane_Fine_PregYoga_Squat_Photo
Posisi Jongkok Yang Benar

6. Mengepel Jongkok

download (1)Hati-hati. Banyak ibu hamil 8 bulan mengeluh capek karena setiap hari harus mengepel dengan berjongkok. Alasannya, supaya posisi janinnya baik. Sebetulnya aktivitas yang dapat membantu kelahiran janin ialah berjongkok (squatting). Namun, posisi ini harus dilakukan secara benar. Posisi mengepel dengan punggung bungkuk, lutut menonjol di depan kaki atau menekan perut bukanlah yang direkomendasikan seperti latihan squatting.

7. Pijat di perut untuk membetulkan posisi janin dan menaikkan rahim

Berbahaya! Posisi rahim dan janin di dalamnya tidak perlu diubah-ubah atau dibetulkan. Bukan keuntungan dan kenyamanan yang diperoleh, melainkan sebaliknya. Salah satu bahayanya adalah terjadi solusio plasenta, yaitu terlepasnya plasenta dari dinding rahim.

Depok, 7 Juli 2015
Reqgi First Trasia, dr.

Referensi :

  1. Chescheir, C. Nancy¸ et al. 2000. Planning Your Pregnancy and Birth. 3rd edition. The Americal College of Obstetricians and Gynecology. Washington.
  2. Cunningham, G, et al. 2010. William Obstetrics. 23rd edition. Mc Graw Hill. New York.
  3. Evans, A. 2007. Manual Obstetrics. Lippincot Williams and Wilkins. Philadelphia.
  4. Novak, Patricia D. 1995. Dorland’s Pocket and Medical Dictionary. 25th edition. WB Saunders Company. Philadelphia.
  5. Oats J, Abraham S, Lwellyn. 2010. Jones Fundamentals of Obstetrics and Gynecology. Mosby Elsevier. Edinburg.
  6. Kusumaningsih, Prita. 2011. Membentangkan Surga di Rahim Bunda. Qultum Media: Jakarta.
  7. Exercise During Pregnancy: Safety, Benefits & Guidelines [Internet]. American Pregnancy Association. [cited 2015 Sep 25]. Available from: http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/exercise-during-pregnancy/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *