Kiat Mengoptimalkan Kecerdasan Anak Lewat Membaca

Sebagai orangtua tentu ingin potensi sang buah hati berkembang dengan optimal, baik itu kecerdasan maupun bakat. Salah satu cara yang cukup mudah dan murah ialah dengan membaca. Tidak jarang orangtua mempertanyakan kapan waktu yang tepat mengenalkan anak pada buku. Pasalnya, ada kekhawatiran bahwa anak akan terbebani dengan belajar sejak dini. Namun, tahukah ayah bunda bahwa para ahli mendorong orangtua untuk membacakan buku sejak anak lahir?

Tahun 2014, American Academy of Pediatrics (AAP) mempromosikan gerakan membaca sejak bayi agar anak siap saat masuk sekolah. Rekomendasi ini disambut baik sampai dibentuk gerakan promosi membaca Reach Out and Read yang didukung oleh ikatan para ahli kesehatan dan pustakawan.1,2

4 Manfaat membacakan buku pada balita

Membaca sejak bayi sangat dianjurkan karena ditemukan banyak manfaat bagi perkembangan kecerdasan otak dan emosi anak yaitu1,3,4:

  1. Merangsang perkembangan otak
  2. Memiliki kemampuan bahasa lebih baik saat memulai sekolah
  3. Anak memiliki minat yang lebih terhadap membaca
  4. Terjalinnya ikatan antara orangtua-anak sebagai modal penting perkembangan sosial dan emosi anak

Bagaimana aktivitas membaca yang dianjurkan?

Tentu orangtua tidak ingin aktivitas membaca malah menimbulkan stres sendiri pada anak. Oleh karena itu, AAP menganjurkan agar :1,5,6

  1. Orangtua mengeraskan suara saat membacakan buku pada anak agar tumbuh interaksi yang hangat antara keduanya.
  2. Membaca bersama menjadi aktivitas yang menyenangkan. Misalnya dengan mendongeng atau membuat ritme nyanyian saat membaca.
  3. Sesuaikan buku dan cara membacakan cerita dengan usia anak karena adanya perbedaan kemampuan fokus dan menangkap cerita pada masing-masing usia.
  4. Aktivitas membaca dijadikan rutinitas
  5. Orangtua memberi contoh pada anak dengan sering membaca.
  6. Jadikan lingkungan anak mendukung untuk membaca. Misalnya menempelkan poster edukasi atau membuat perpustakaan di rumah

imagesBolehkah menggunakan buku atau media elektronik?

Sebenarnya penggunaan media elektronik dalam aktivitas membaca bayi kurang disukai. Hal ini disebabkan bayi perlu merasakan hubungan emosional dan interaksi saat dibacakan cerita atau kata-kata. Menyediakan buku audio, komputer, TV, radio atau gadget pada anak hanya akan membuat mereka pasif. Para ahli sepakat untuk menghindari penggunaan media elektronik pada anak sampai usia 2 tahun karena yang anak butuhkan ialah interaksi sosial, bukan dengan media saja. Setelah 2 tahun pun penggunaan media elektronik harus dibatasi. 7–9

Tahapan anak dalam membaca

0-6 bulan
Saat ini anak senang melihat gambar dan menyentuh halaman buku. Letakkan anak di lengan anda ketika anda membacakan buku untuk menumbuhkan rasa aman dan dekat. Sebut dan tunjuk gambar pada buku agar anak tertarik dengannya. Bantu bayi dalam membuka halaman dan biarkan ia sesekali bermain dengan buku.

Tips memilih buku : Pilih buku dengan warna cerah dan ilustrasi yang sederhana. Bahan buku yang cocok untuk usia ini ialah kartu tebal atau kain vinyl agar mudah dicuci dan tidak lumat saat terkena air.

Buku Bayi (http://www.car-travel-games.co.uk)

6-12 bulan
Mulai 5-8 bulan, bayi lebih senang bereksplorasi dengan memasukkan benda ke mulut daripada mendengarkan cerita. Saat usia 9-12 tahun, bayi lebih tertarik membalikkan halamannya sendiri. Tahapan ini penting agar anak dapat bereksperimen dengan tangan dan anak siap menjadi pembaca yang mandiri.

Tips memilih buku : Pilih buku berwarna cerah dan berbahan aman seperti kartu tebal tahan air atau kain yang dapat dicuci. Gunakan buku dengan gambar yang familiar seperti bola atau botol. Bisa juga album foto keluarga dan teman,

12-18 bulan
Ketertarikan anak terhadap buku mulai meningkat. Anak anda mungkin ingin menunjuk gambar dan membalikkan halaman sendiri atau memutar buku untuk melihat gambar yang benar. Ini pertanda baik di mana anak menunjukkan keterlibatannya dalam membaca. Jadikan anak anda partner dalam membaca misalnya dengan bertanya mengenai suatu gambar saat membaca.

Perlu diingat, usia ini kemampuan fokus dan atensi anak masih singkat. Sehingga, Anda perlu fleksibel terhadap waktu yang tepat dan durasi membaca. Ada baiknya meletakkan buku di sekitar ruangan rumah agar buku tersedia saat sewaktu-waktu anak ingin membaca.

Tips memilih buku :

  • Pilih buku yang mudah anak-anak bawa
  • Gunakan buku dengan gambar aktivitas anak yang familiar seperti tidur atau bermain
  • Sediakan buku cerita saat waktu tidur
  • Buku tentang ucapan halo dan selamat tinggal
  • Buku dengan kata-kata yang sedikit di tiap halamannya
  • Buku berwarna cerah dan gambar menarik
  • Buku dengan kosakata mudah atau kata yang bisa di prediksi
  • Buku-buku binatang
Contoh Buku Anak (http://babysbasics.com/toddler.html)
Contoh Buku Anak (http://babysbasics.com/toddler.html)

18-24 bulan
Saat ini anak sudah bisa memilih buku sendiri, menunjuk gambar kesukaan, mengucap satu-dua kata tentang gambar tersebut dan menyelesaikan kalimat dari buku yang mereka sangat kenal. Anak juga sudah mulai antusias bertanya dan menggunakan frase pendek. Selain itu, anak mulai menikmati kunjungannya ke perpustakaan/toko buku.

Tips memilih buku :
Pilih buku cerita sederhana dengan kata-kata yang mudah mereka ingat. Mulai dikenalkan dengan buku menghitung, alfabet, bentuk atau ukuran. Selain itu buku tentang hewan, kendaraan, waktu bermain, buku bergambar lucu juga cocok untuk usia ini.

cater
Buku Anak (http://misswenerd.blogspot.sg/2014/04/good-reads-how-seed-grows-by-helene-j.html)

3-4 tahun
Pada usia ini anak bisa menamakan buku yang mereka ingin bagi dengan anda, bertanya tentang isi buku, mengoreksi bila anda melewatkan bagian favoritnya di buku, membuat prediksi dan bercerita isi buku kesukaan dengan bahasa sendiri. Tingkat konsentrasi anak juga mulai meningkat. Sehingga anda bisa menyediakan waktu 20 menit untuk membaca setiap hari. Selain itu, anda bisa menstimulus anak dengan bertanya prediksi seperti “apa yang kira-kira akan terjadi dalam cerita ini”.

Tips memilih buku :

  • Pilih buku yang tidak terlalu mudah dan sulit, yang penting kosakata mudah diingat
  • Saat membacakan buku pada anak, pilih yang tingkat kesulitannya bertambah
  • Pilih buku cerita tentang keseharian anak
  • Buku dengan topik kesukaan anak misal : kereta api, hewan, memasak, dll
  • Buku sains sederhana seperti cara kerja truk, alat-alat, tumbuhan
  • Buku sosial sederhana seperti berteman, meminta maaf, adik kakak, pergi ke sekolah, ke dokter, dll.
  • Jangan lupa bawa buku saat bepergian6,10

Agustina Kadaristiana, dr.

05/19/2015

Referensi

  1. High PC, Klass P, Donoghue E, Glassy D, DelConte B, Earls M, et al. Literacy Promotion: An Essential Component of Primary Care Pediatric Practice. Pediatrics. 2014 Aug 1;134(2):404–9.
  2. About Reach Out and Read. Reach Read [Internet]. 2015; Available from: http://www.reachoutandread.org/about-us/
  3. O’Keefe L. Parents who read to their children nurture more than literary skills. AAP News. 2014 Jun 24;E140624–2.
  4. Kemp C. MRI shows association between reading to young children and brain activity Study provides new evidence that book-sharing in early childhood may promote brain development supporting reading readiness. AAP News. 2015 Apr 25;E150425–4.
  5. O’Keefe L. Parents who read to their children nurture more than literary skills. AAP News. 2014 Jun 24;E140624–2.
  6. Today I Will Get Lost in a Book. A Guide to Reading with Your Child. Kindercare Learning Center; 2010.
  7. 2014 the BMABL updated: J. Reading to your baby [Internet]. BabyCenter. [cited 2015 May 19]. Available from: http://www.babycenter.com/0_reading-to-your-baby_368.bc
  8. Media and Children. Available from: https://www.aap.org/en-us/advocacy-and-policy/aap-health-initiatives/pages/media-and-children.aspx
  9. Strasburger VC, Hogan MJ, Mulligan DA, Ameenuddin N, Christakis DA, Cross C, et al. Children, Adolescents, and the Media. Pediatrics. 2013 Nov 1;132(5):958–61.
  10. Tips for Choosing Books for Babies and Toddlers. Zero Three Natl Cent Infants Toddlers Fam [Internet]. 2014; Available from: http://www.zerotothree.org/early-care-education/early-language-literacy/choosing-books.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *