Berjemur di pantai menyembuhkan cacar?

Q: Assalamualaikum wr wb. Setelah anak saya yang sulung terkena cacar, anak saya yang lain menyusul. Pada hari kedua anak kedua saya cacar, adik ipar saya mengajak kami sekeluarga piknik di pantai. Saya dan suami menyusul sambil berpesan dengan adik ipar agar anak saya tidak berenang. Ternyata, pesan saya dilanggar oleh anak saya. Keesokan harinya saat saya periksa, ternyata cacarnya sudah mengering. Saya heran, yang menjadi pertanyaan saya, apakah itu disebabkan oleh air laut? Bila iya, bolehkah saya memandikan anak saya yang ketiga (yang terkena cacar juga)  dengan air+garam? Lalu apakah dalam tempo yang singkat memungkinkan anak saya yang kedua untuk terjangkit cacar lagi? Terimakasih. (Ibu A, Malaysia)

A : Waalaikumsalam wr wb halo ibu, kalau untuk air lautnya sendiri kami belum menemukan penelitiannya. Tapi ada dugaan penelitian dari Philip S Rice, University of London, UK (2011) yang menganggap sinar matahari (UV light) bisa menghambat aktivitas virus cacar. Salah satu contoh kegiatan yang memungkinkan kita terpapar sinar UV misalnya berjemur di pantai. Beliau menilai dari jumlah orang yang terkena cacar di daerah tropik lebih sedikit daripada yang jauh di garis khatulistiwa. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian lanjutan yang menguatkan dugaan ini.

 Mengenai infeksi cacar  kedua, biasanya kalau anak-anak yg terkena cacar tidak akan terkena cacar lagi. Kecuali daya tahan tubuhnya yang sangat menurun atau saat usia lanjut, bisa aktif kembali virusnya. Oiya ibu, meskipun  ada bruntus cacar sudah kering, tetapi fase luka kering ini bisa jadi masih dalam fase penularan. Fase penularan cacar terjadi dari 1-2 hari sebelum munculnya bruntus sampai lesi kompak semua kering. Sebaiknya memang tinggal dirumah dulu, jangan sekolah (sesuai dengan saran dokter yg memeriksa) sampai waktu tertentu. Biar teman-teman atau saudara yg lain tidak tertular semoga membantu ibu (admin)

Sumber :

  1.  Paddock, Catharine. “Sun’s UV Rays May Stop Spread Of Chickenpox.” Medical News Today. MediLexicon, Intl., 20 Dec. 2011. Web.12 Oct. 2014. <http://www.medicalnewstoday.com/articles/239442.php>
  2. Rice, S Philip. “Ultra-violet radiation is responsible for the differences in global epidemiology of chickenpox and the evolution of varicella-zoster virus as man migrated out of Africa”; Virology Journal, first published online 23 April 2011; DOI:10.1186/1743-422X-8-189
  3. Chickenpox(Varicella). CDC.2013. http://www.cdc.gov/chickenpox/hcp/clinical-overview.html
  4. Can the sun stop chickenpox?. NHS. 2011. http://www.nhs.uk/news/2011/12December/Pages/sun-stops-chickenpox.aspx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *