Bila Baby Blues Melanda

Momen persalinan biasanya identik dengan rasa haru dan bahagia saat menyambut sang buah hati. Namun, terkadang seorang ibu merasa hal sebaliknya setelah melahirkan. Perasaan sedih, ingin menangis tanpa alasan, bingung, bahkan khawatir yang berlebihan. Bila Ibu merasa demikian, mungkin Ibu mengalami sindroma yang dinamakan baby blues.

Bottle with help message

Baby Blues yang membuat lesu

Sindroma Baby Blues memang cukup banyak terjadi yakni sekitar 50-80% dan seringkali ibu tidak menyadarinya. Biasanya timbul pada hari ke 3-4 setelah melahirkan dan umumnya akan menghilang dalam 14 hari.

Ibu yang mengalami sindroma ini akan merasa sedih, bingung, emosi yang labil, khawatir, menangis tanpa alasan, lelah, perubahan mood, sulit tidur, merasa tidak mampu merawat bayi dan berbagai perasaan negatif lainnya.  Perasaan ini dapat terjadi selama beberapa menit hingga beberapa jam setiap harinya. Umumnya gejala ini ringan dan tidak sampai mengganggu kemampuan ibu dalam merawat bayi.

Penyebab di balik Baby blues

Meskipun terkadang seorang ibu sudah siap secara mental menghadapi datangnya anggota keluarga baru, sindroma ini tetap dapat terjadi. Adanya perubahan hormonal drastis pasca melahirkan disinyalir menjadi pernyebab sindroma ini. Selain itu, adanya status baru, perasaan lelah setelah melahirkan dan datangnya anggota keluarga baru, serta kesulitan saat menyusui juga menambah adanya perasaan negatif dan stres pada ibu pasca melahirkan.

Agar Baby Blues tidak berkepanjangan

Ibu memang tidak dapat mencegah perubahan hormonal pasca melahirkan yang menyebabkan sindroma baby blues ini. Namun, Ibu dapat mengatasi sindroma ini agar tidak berlanjut menjadi depresi pasca melahirkan. Misalnya :

  • Ceritakan perasaan-perasaan Anda kepada suami atau orang yang dipercaya. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih lega dan tenang.
  • Mintalah dukungan dari suami atau orang terdekat.
  • Sesekali refresing keluar rumah dan menghirup udara segar.
  • Makan makanan yang seimbang. Makan terlalu banyak karbohidrat dapat meningkatkan perubahan emosi (mood swing), selain itu makanan seimbang juga sangat penting bagi ibu menyusui.
  • Mintalah bantuan kepada suami atau anggota keluarga lainnya untuk membantu merawat bayi saat ibu merasa lelah seperti mengganti popok, memandikan bayi, atau menghandle anak-anak yang lain sehingga ibu dapat beristirahat serta menikmati waktu-waktu menyenangkan bersama bayi.
  • Mencoba berpikir positif.
  • Turunkan ekspektasi. Ibu tidak perlu berharap terlalu berlebihan dan perfeksionis terutama di minggu-minggu awal kelahiran, karena Ibu masih dalam masa pemulihan pasca melahirkan. Pahami juga bahwa ibu sedang belajar menghadapi rutinitas baru. Ekspektasi berlebihan hanya akan menambah beban pikiran dan stres dalam diri Anda.
  • Anda tidak sendirian mengalami perasaan ini, Anda bisa mengikuti support group dari ibu-ibu hamil dan melahirkan yang sama-sama mengalami keadaan pasca melahirkan, yakinkan diri bahwa Anda mampu melalui keadaan ini.

Apabila setelah 2 minggu (14 hari) sindroma ini terus berlanjut, Ibu sebaiknya segera mencari pertolongan ke dokter. Dikhawatirkan kondisi ini berlanjut menjadi depresi pasca melahirkan (postpartum depression). Semoga bermanfaat.

Arfenda Puntia Mustikawati, dr.

08/05/2015

Referensi :

1. Baby Blues. [Internet]. American Pregnancy.org [cited 2015 Agust 04] Available from: http://americanpregnancy.org/first-year-of-life/baby blues/tt
2. Baby Blues ; Healthwise Medical Information on [Internet]. eMedicineHealth [cited 2015 Agust 04] Available from: http://www.emedicinehealth.com/baby_blues-health/article_em.htm
3. Joy, Saju. Postpartum depression.   [cited 2015 Agust 05] Available from:
http://reference.medscape.com/article/271662-overview#a4
4. The Baby Blues. [cited 2015 Agust 05] Available from: http://www.babycenter.com/0_the-baby-blues_11704.bc

Gambar di unduh dari :

http://www.newbornhub.com/images/ppd.

jpghttp://i2.wp.com/www.postpartumprogress.com/wp-content/uploads/postpartum-depression-guide-help1.jpg?resize=850%2C565

One thought on “Bila Baby Blues Melanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *