Fakta Tentang Operasi Caesar

Melahirkan dengan operasi caesar semakin sering ditemui di negara-negara maju. Di Eropa Barat, sekitar satu dari setiap 4 sampai 5 bayi dilahirkan dengan cara ini. Operasi caesar dapat direncanakan atau dilakukan dalam situasi darurat, dan dapat menyelamatkan nyawa ibu dan bayinya. Meski secara rutin dilakukan, operasi caesar membutuhkan prosedur bedah yang bersifat invasif dan membutuhkan waktu pemulihan.

Apa itu caesar?

Cesar (C-section) adalah tindakan operasi membedah perut dan rahim dengan tujuan mengambil dan mengeluarkan bayi. Pengirisan dilakukan searah potongan horizontal ataupun vertikal, kemudian sesudahnya irisan tersebut segera dijahit kembali.

Apa yang terjadi?

Rambut di bagian bawah perut dicukur, dan dipasangi kateter yang terhubung ke kandung kemih. Kemudian Anda akan dipasangi infus untuk memasukkan cairan dan obat. Biasanya Anda akan dibius lokal untuk memati-rasakan tubuh bagian bawah, tetapi Anda akan tetap sadar dan dapat melihat proses kelahiran si kecil. Seorang dokter spesialis kandungan akan membuat irisan pada perut bagian bawah dan rahim untuk mengeluarkan si kecil dan plasentanya. Saat Anda memeluk si kecil, perut Anda akan dijahit. Proses ini berlangsung 30-45 menit.

Mengapa caesar?

Cesar adalah pilihan bila direncanakan sebelum hari persalinan. Anda harus memilih caesar jika posisi si kecil tidak memungkinkan ia lahir secara normal (misalnya pecah ketuban, bayi kembar, plasenta menutup jalan lahir, atau jika ada risiko medis). Namun, mungkin saja ibu hamil memulai proses persalinan secara normal, tetapi kemudian membutuhkan tindakan caesar darurat. Hal ini bisa terjadi bila timbul risiko terhadap ibu dan bayinya jika proses melahirkan normal tersebut diteruskan, misalnya jika si bayi stres atau detak jantungnya mendadak tidak normal atau jika proses pembukaan tidak berjalan dengan semestinya.

Risiko yang mungkin terjadi

  • Risiko terhadap ibu mencakup infeksi, kehilangan banyak darah, pembekuan darah, kerusakan pada kandung kemih, ovarium dan uterus.
  • Sekitar 35 dari 1000 bayi yang dilahirkan dengan cara caesar akan mengalami masalah pada pernapasan setelah dilahirkan, sedangkan dalam kelahiran normal hanya 5 dari 1000 bayi mengalami masalah yang sama.

Fakta-fakta tentang caesar

  • Operasi caesar yang sukses telah menyelamatkan begitu banyak nyawa wanita dan bayi di seluruh dunia. 18,5 juta bayi per tahun dilahirkan dengan tindakan caesar. Angka tertinggi melahirkan dengan cara caesar terjadi di Brazil dan China, satu dari dua bayi lahir dengan cara tersebut. Di Amerika serikat, satu dari tiga bayi dilahirkan dengan caesar.
  • Peningkatan ibu hamil berusia lanjut, obesitas, dan kelahiran berulang kali sebanding dengan peningkatan tindakan operasi caesar.
  • Di Amerika serikat, kekhawatiran terhadap tuntutan hukum akibat malpraktek memengaruhi para dokter untuk merekomendasikan operasi caesar kepada ibu hamil.
  • Seringkali para ibu diberitahu sekali caesar pasti akan caesar lagi, tapi kenyataannya sekarang tidaklah demikian. Diskusikanlah dengan dokter Anda. Peluang melahirkan normal setelah caesar adalah hingga 76%.
  • Karena pembedahan bersifat invasif dan traumatis, Anda membutuhkan waktu minimal 6 minggu pemulihan untuk dapat kembali ke kondisi normal.

 

Depok, 11 Januari 2017

Reqgi First Trasia, dr.

Referensi :

  1. Thacker, Stroup & Chang. Continuous electronic heart rate monitoring for fetal assessment during labour (Review). Cochrane Database Systematic Reviews, 2001:2:CD000063.
  2. . Hofmeyer GJ, Hannah ME. Planned caesarean section for term breech delivery. The Cochrane Database of Systematic Reviews 2003; Issue 2 Art No:CD000166 DOI 10.1002/14651858 CD000166. This version first published online 22 April 2003.
  3. Hodnett ED, Gates S, Hofmeyr GJ, Sakala C (2007). Continuous support for women during childbirth. Cochrane Database Systematic Review; Jul 18 (3):CD003766.
  4. . McCourt C, Weaver J, Statham H, Beake S, Gamble J and Creedy D. Elective Cesarean Section and decision making: a critical review of the literature. Birth 2007; 34(1):65-79.
  5. Joseph KS, Liston RM, Dodds L, Dahlgren L, and Allen AC, (2007). Socioeconomic status and perinatal outcome with universal access to essential health care services. CMAJ; 177 (6):582-590.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *