Kontak Kami

Terima kasih atas kesediaan Anda mengunjungi website kami. Tim kami akan senang membahas jawaban dari pertanyaan Anda tentang seputar promosi kesehatan. Silakan hubungi kami di kontakami@doctormums.com atau isilah kolom kontak di bawah ini.

5 thoughts on “Kontak Kami

  1. Doctormums,boleh sharing gak anak saya 17bulan sudah dikasih coba susu uht dan freshmilk tapi tetap gak mau,yg ada rasa coklat jg gk mau,pernah coba yg rasa strawberry dan mau sedikit tetapi saya tidak berani melanjutkan karena kata temen strawberry pasti mengandung pewarna…yg mau saya tanyakan
    1.seberapa penting susu bagi anak saya
    2.apakah saya harus coba susu formula
    3.gmn menyiasati susu masuk ke tubuh anak saya
    4.apakah memang rasa strawberry gak bagus…

    Terima kasih sebelumnya
    Nori

    1. Halo Bunda Nori, terimakasih yah atas sharingnya πŸ™‚ Pertanyaan bunda akan coba kami jawab ya..

      1. Susu merupakan salah satu sumber minuman yang kaya akan gizi. Selain mengandung protein, lemak dan karbohidrat, susu juga mengandung mikronutrien yang lengkap, mulai dari Vitamin A, B, C, D, E dan K sampai berbagai jenis mineral seperti kalsium, fosfor, yodium, magnesium dan zinc. Fungsi mikronutrien bagi anak yang paling sering dikenal adalah untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Konsumsi susu atau produknya dari sejak anak-anak dapat membantu menjaga tulang dan gigi tetap kuat dan mencegah dari pengeroposan. Bayangkan bunda, hanya dari segelas susu, bunda sudah memberikan nutrisi yang padat kepada anak πŸ™‚ Nah, usia 17 tahun kalau bunda masih memberikan ASI, susu tambahan sifatnya hanya rekreasi, sebagai pendamping ASI selain daripada makanan dan minuman yang mulai di kenalkan pada si kecil.

      2. Nah, ini tergantung dari kondisi gizi anak ibu.. bila gizi anak ibu tidak bermasalah (dalam artian timbangan berat badannya sesuai dengan usia nya dan tinggi badannya) dan anak ibu tidak kesulitan dalam makan, ibu sangat tidak perlu memberikan susu formula :). Pada dasarnya, susu formula dibuat untuk anak usia <1 tahun terutama bila ibu tidak bisa memberikan ASI. Sehingga susu formula tidak perlu diberikan pada anak usia >1 tahun karena nutrisi yang terdapat di susu formula dapat dipenuhi dari susu segar dan makanan lain. Perlu ibu ketahui kandungan lemak pada susu formula tergolong tinggi ya.. Pada anak yang sulit makan atau mengalami gangguan tumbuh kembang, orang tua dapat mengkonsultasikan pertimbangan menggunakan susu formula pada dokter.

      3. Bila anak ibu tidak suka susu, ibu bisa menyiasati dengan memberikan produk turunannya yang sepertinya lebih disukai anak.. Pada dasarnya balita membutuhkan paling tidak 1 1/2 takaran produk susu (dairy foods). Nah, 1 takararan nya sama dengan :
      – 1 gelas susu (250 ml)
      – 200 gram yoghurt
      – 2 slice keju
      alternatifnya ibu mengenalkan dalam produk susu bentuk es krim ataupun masakan yang menggunakan susu di resepnya. Ibu juga bisa coba memberikan susu kedelai misalnya sebagai pilihan lain dari susu sapi.

      4. Susu UHT/Pasteurisasi yang diberikan perasa memang kadar gulanya sedikit lebih tinggi. Namun berdasarkan penelitian tidak ada efek yang signifikan terhadap berat badan. Malah perasa yang diberikan bisa membantu anak untuk lebih menerima susu. Perlu diingat manfaat dari susu lebih banyak lho bunda dan perasa (bukan pewarna) yang ditambahkan juga aman ya πŸ™‚ Bisa baca di http://www.milk.co.uk/page.aspx?intPageID=43 atau penelitian ini http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18375219

      Selengkapnya tentang susu bisa di baca di sini ya bunda http://doctormums.com/pilih-susu-apa-ya-untuk-anak-1-tahun/

      Semoga membantu bunda.. πŸ™‚

  2. Dear dr.Agustina

    Salam hangat

    Karena ada masalah dengan koneksi jaringan saya baru bisa balas hari ini…Terima kasih atas respon dan solus yang diberikan, saya tidak putus asa memberi terus susu uht ato fresh milk sejak dapat email balasan dari dokter dan juga ada sharing dari drNela , sampai saat ini anak saya masih dalam kondisi mood2tan dalam susu dan keju jadi kadang mau keju kadang gak,kadang mau uht kadang gak tetapi saya sudah tidak terlalu stress yang penting sudah mau apalagi sekarang sudah mau yg uht putih..bahkan saya sudah tidak memberikan yg coklat ato strawberry.

    dr.Agustina bolehkah saya tanya tetang apakah yogurt cair boleh di konsumsi bayi saya yg saat ini 20bulan,perlu saya kasih taujg bahwa saya sudah berikan sebanyak 4kotak..maaf bila saya langsung sebut merk saja supaya dokter lebih terarah dalam memberikan saran…yogurt heavenly blush di tulis hi-calsium,low fat,less sugar dan source of fiber. Apakah boleh ?

    Disamping itu dokter ada 2pertanyaan lain dari saya :
    1. Bagaimana cara menghentikan ASI ?
    2. Sejak usia 19bulan terutama di usia 20bulan ini emosi anak saya tidak stabil dok,segala sesuatu yang dia mau dan tidak diberikan akan menjerit dan nangis dan tidak mau mendengar kata2 saya sehingga saya sulit menenangkannya bahkan kadang saya jadi emosi , boleh sharing lebih banyak tentang prilaku anak dan cara menangani nya dok? Perlukah marah ? 3hari ini bahkan malam mengalami susah tidur walaupun dari bayi selalu tidur tepat waktu.

    Sharing dari dokter sangat saya nantikan

    Terima kasih sebelumnya,
    Nori

    1. Salam hangat bunda Nori,

      Terimakasih ya atas partisipasinya di Doctormums πŸ˜‰ mengenai yoghurt, boleh diberikan saat anak MPASI di atas sekitar 1 thn. Yoghurt bagus karena mengandung probiotik yaitu bakteri baik yg melindungi saluran cerna anak dari bakteri patogen (penyebab penyakit). Namun, yg perlu diperhatikan adalah kadar lemaknya. Untuk anak usia 1-2 tahun pilih yoghurt yang tidak dikurangi lemaknya (jangan yg non fat/low fat maksudnya) karena saat ini anak sedang butuh2nya lemak utk perkembangan otak. Perlu diketahui bhw 60% kandungan otak ialah lemak. Sama aturannya seperti susu juga, pilih yg full cream saat 1-2 thn. Setelah 2 tahun lihat kebutuhan,kl resiko obesitas pilih yg rendah lemak. Lalu yoghurt jg sebagai pendamping saja ya bu, utamanya ASI dan makanan bergizi.. πŸ™‚ Tentang menyapih, skg dikenal metode weaning with love, atau menyapih dengan cinta. Intinya, metode ini menganjurkan kesiapan menyapih dari ortu & anak tanpa paksaan/kebohongan. Sehingga bukan dgn cara mengoles cairan pahit/dibohongi dgn pura2 luka dsb. Terus beri pengertian pada anak bahwa kalau sudah besar tidak mimi lg ya.. Atau beri contoh kakak/teman nya yg sudah besar.. Bisa jg dgn cara memberi pesan sebelum tidur kira2 sebulan sebelum menyapih dibisikkan pesan “kl sudah 2 tahun sudah mimi di gelas ya”. Karena penyampaian pesan sebelum anak terlelap lumayan membekas di ingatannya.. Untuk parenting/perilaku anak, saya sarankan ibu masuk grup FOCER di Facebook (Forum Curhat Emak Rempong). Grup asuhan teh Kiki Barkiah tersebut memang dibuat utk ibu2 produktif yg peduli masalah ibu n anak. Masalah psikologi yg dilontarkan juga langsung dijawab diskusinya oleh psikolog yang saya yakin lebih kompeten.. semoga membantu ya bunda..

  3. Salam hangat dr.Agustina,

    Terima kasih lagi atas respon yang super duper cepat…hehe.

    Kesimpulannya yogurt cair boleh yah dok asal yg biasa bukan low fat. Dok,gmn dengan yakult,bolehkah ? Apa pula beda yakult dan yogurt?

    Tentang menyapih dok,maksudnya 1bulan sebelum menyapih kita bisikan terus yah dok sebelum anak tidur setelah itu kita hentikan aja gitu ? Bila tidak berhasil gmn yah dok?

    Temen sih memang menganjurkan untuk mengentikan asi dengan cara tidak usah di kasih di biarin nangis tapi justru saya tidak tega dengan cara itu harus liat anak nangis untuk jangka waktu yg saya lum tau jadi saya memang ada rencana menggunakan olesan yg pahit di PD biar si anak yang gak mau sendiri….bila olesin yang pahit gitu apa ada efek samping terhadap anak dok ?

    Maaf dok jadi curhat,saya rencana hentikan asi skrg dok saya sudah rencana 2bln lalu tp krn saya mau cari cara yg safe buat anak saya jd sampe skrg blm terwujud hentiin asi nya, karena saya mau hamil segera mengingat umur saya sudah hampir kepala 4 dan saya tergolong susah hamil , yg ke 2 sih lum tau dok susah apa gak tp kl susah butuh bantuan dokter dengan obat hormon dan obat hormon boleh konsumsi bila sudah hentiin asi. Bila nanti hamil harus hentiin paksa gmn yah dok…haha bingung nih.

    Maaf yah dok pertanyaannya gak habis habis.

    terima kasih sebelumnya
    Nori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *