Manfaat Rasa Sakit saat Persalinan

Lumrah sekali bila seorang calon ibu merasa takut akan rasa sakit proses persalinan. Bahkan tidak jarang ibu hamil ragu untuk memilih melahirkan secara normal. Namun, tahukan bunda ternyata rasa sakit yang nanti  dialami ketika bersalin secara normal memiliki manfaat bagi bunda dan buah hati?

Menjaga metabolisme bayi dan membantunya dalam transisi

birth

Verena Schmid, seorang pimpinan akademi kebidanan di Florenz Jerman mengungkapkan bahwa, secara fisiologis, rasa sakit ketika akan melahirkan melalui persalinan normal dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin dan hormon endorfin yang bermanfaat bagi ibu dan bayi.1 Rasa sakit yang dialami tersebut menimbulkan stres yang akut pada ibu. Sebagai efeknya, tubuh meningkatkan produksi hormon katekolamin yang saat sudah mencapai puncak akan memproduksi hormon oksitosin dan endorfin. Hormon oksitosin kemudian menstimulasi prolaktin yang memiliki peranan penting dalam menjaga metabolisme bayi selama proses persalinan berlangsung dan membantunya dalam menjalani transisi menuju kehidupan di luar rahim ibu.

Mempersiapkan ibu dalam pengasuhan bayi

Ketika bayi telah keluar dan rasa sakit berhenti, hormon endorfin yang ada di tubuh ibu sangat tinggi sehingga ia akan mengalami perasaan yang sangat menyenangkan.1 Perasaan tersebut yang kemudian menyertai ibu dalam menyambut sang buah hati dan memulai pengalamannya dalam pengasuhan. Sejalan dengan hal ini, Dr. Denis Walsh yang merupakan seorang bidan senior dan Associate Professor di jurusan kebidanan Nottingham University juga mengatakan bahwa, “Rasa sakit yang dialami oleh ibu saat melahirkan merupakan hal yang memiliki tujuan, bermanfaat, memiliki banyak keuntungan, seperti mempersiapkan ibu mengemban tanggung jawab dalam pengasuhan bayinya yang baru lahir.”2

Sebagai dasar kedekatan antara ibu dan bayi

Woman holding her newborn baby at hospital

Menurut Verena Schmid, hormon endorfin yang muncul ketika persalinan secara normal juga berperan dalam kualitas attachment atau kedekatan antara ibu dan bayi. Attachment atau kedekatan merupakan ikatan emosional timbal balik antara bayi dan pengasuhnya (dalam hal ini, ibu), yang berlangsung terus-menerus.3 Kedekatan merupakan hal dasar yang dibutuhkan seorang bayi untuk tumbuh dan berkembang.1 Menurut MacDonald, kedekatan memiliki nilai adaptif bagi bayi yaitu, memastikan bahwa kebutuhan sosial emosional serta kebutuhan fisiknya akan terpenuhi.3 Dengan demikian, persalinan secara normal menyebabkan terbentuknya dasar bagi bayi untuk bertahan dan tumbuh.

Dengan adanya berbagai manfaat tersebut, Dr. Denis Walsh menyarankan agar para ibu atau calon ibu untuk mengusahakan proses persalinan secara normal dan menghindari metode atau obat-obatan yang dapat menghilangkan rasa sakit. Meskipun demikian, ada kalanya kondisi moms mungkin tidak cukup sehat atau tidak memungkinkan untuk menjalani proses persalinan secara normal sehingga misalnya, mengharuskan ibu untuk menjalani operasi caesar. Selama ibu menjalani operasi tersebut bukan dengan tujuan menghindari rasa sakit, telah mempersiapkan mental dengan sungguh-sungguh, serta terus berupaya untuk dapat menjalin hubungan yang hangat dengan bayi, maka bunda tetap bisa lebih siap dalam mengasuh serta tetap memiliki kelekatan yang baik dengan sang buah hati.

Jika bunda tetap ingin melalui persalinan secara normal namun berdasarkan riwayat memiliki daya tahan terhadap rasa sakit yang kurang, maka Dr. Denis Walsh menyarankan agar moms dapat mengurangi rasa sakit secara alami melalui yoga, pemijatan, meminta dukungan dari suami dan keluarga.

Nah, semoga bunda sekarang tidak takut lagi dan semakin mantap untuk memilih persalinan secara normal ya. 🙂

Aisha Salsabila, S.Psi.

Referensi

  1. Schmid, V. (nd). The meaning and functions of labour pain. Diunduh dari http://marwarakha.com/pdf/The%20Meaning%20and%20Functions%20of%20Labour%20Pain.pdf
  2. It’s good for women to suffer the pain of a natural birth, says medical chief. (2009, Juli). Diakses dari http://www.theguardian.com/lifeandstyle/2009/jul/12/pregnancy-pain-natural-birth-yoga
  3. Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. (2009). Human development. 11th Ed. New York: McGraw-Hill.

Gambar di ambil dari :

http://i.huffpost.com/gen/2146578/images/o-LABOR-PAIN-facebook.jpg

http://www.megfaure.com/wp-content/uploads/2015/03/Mom-kissing-newborn-in-hospital.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *