Membacakan Buku Pada Anak Sejak Dini Merangsang Perkembangan Otak

Tahukah ayah dan bunda, ternyata membacakan dongeng kepada anak sejak dini berdampak positif terhadap perkembangan otak anak?

Fakta yang menggembirakan ini untuk pertama kali berhasil dibuktikan oleh John Hutton, M.D, dkk, peneliti dari Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, Amerika Serikat. Dr. Hutton, dkk berhasil menemukan korelasi positif antara aktivitas membacakan buku dengan stimulus perkembangan otak melalui pencitraan MRI. Hasil penelitian ini dipresentasikan tanggal 25 April 2015 lalu di pertemuan tahunan Pediatric Academic Societies (PAS), San Diego. Sebelumnya, organisasi profesional American Academy of Pediatrics telah menyarankan orang tua untuk membacakan buku pada anak dari sejak lahir untuk membantu perkembangan belajar dan kemampuan bahasa anak. Namun, baru kali ini ditemukan hubungan langsung antara kedua hal tersebut.

MRI pada anak
MRI pada anak (www2.communication.northwestern.edu)

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 19 orang anak usia 3-5 tahun. 35% di antaranya berasal dari keluarga berpenghasilan rendah. Setiap orangtua atau pengasuh dari anak-anak tersebut diberikan kuesioner untuk mengukur stimulasi kecerdasan anak. Aspek yang dinilai dari kuesioner ini mencakup aktivitas membaca dan interaksi orangtua-anak. Setelah itu, setiap anak menjalani pemeriksaan MRI fungsional untuk diukur aktivitas otaknya saat mendengarkan cerita lewat headphones. Selama pemeriksaan anak tetap sadar dan tidak diberi stimulus visual.

754938_hutton_stimq_fmri_activation_final
Aktivasi Otak Melalui Pencitraan MRI Saat Anak Mendengarkan Dongeng (Hutton, 2015)

Sesuai dugaan, hasil dari pemeriksaan ini menunjukkan bahwa anak yang lebih terpapar oleh buku mengalami aktivasi area otak yang sangat penting dalam kemampuan bahasa dan membaca. Selain itu, sebagian area otak yang bertugas mencerna gambar juga teraktivasi. Hal ini menunjukkan saat anak dibacakan cerita, ia bisa membayangkan apa yang ia dengar dalam pikirannya.

Ternyata sangat besar ya manfaat mendongeng 🙂 Daripada memberikan anak gadget, yuk kita galakkan lagi membaca dan mendongeng.. Semoga bermanfaat…

Agustina Kadaristiana, dr

05/07/2015

Referensi

  1. Kemp C. MRI shows association between reading to young children and brain activity Study provides new evidence that book-sharing in early childhood may promote brain development supporting reading readiness. AAP News. 2015 Apr 25;E150425–4.
  2. High PC, Klass P, Donoghue E, Glassy D, DelConte B, Earls M, et al. Literacy Promotion: An Essential Component of Primary Care Pediatric Practice. Pediatrics. 2014 Aug 1;134(2):404–9.
  3. O’Keefe L. Parents who read to their children nurture more than literary skills. AAP News. 2014 Jun 24;E140624–2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *