Mengapa Berat Badan Anakku Sulit Naik?

Orangtua seringkali mengeluhkan berat badan anak yang sulit naik atau postur tubuh anak yang semakin kurus. Padahal, orangtua merasa sudah memberikan asupan nutrisi yang cukup. Bahkan, tidak jarang masalah ini berlanjut sampai menjadi gagal tumbuh. Seringkali pula dokter menduga anak terkena TBC akibat berat badan yang sulit naik. Lalu, sampai sejauh mana orangtua perlu khawatir mengenai postur tubuh anak? Kapan seorang anak dikatakan gagal tumbuh dan apa penyebabnya ?

Apakah Laju Pertumbuhan Anak Saya Normal?

Laju pertumbuhan ialah proses perubahan berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala yang diukur berdasarkan standar baku populasi tertentu. Saat ini, kurva pertumbuhan yang digunakan di Indonesia ialah kurva KMS yang diadopsi dari kurva pertumbuhan WHO. Seperti yang pernah di bahas oleh doctormums di edisi sebelumnya, laju pertumbuhan anak tidak bisa sekedar dinilai dari satu kali pengukuran saja. Hal ini disebabkan, pertumbuhan ialah proses yang dalam kenyataannya dapat bervariasi pada anak. Meskipun pola pertumbuhan tiap anak dapat berbeda-beda, namun orangtua perlu mengenal mana yang masih dalam laju pertumbuhan normal dan tidak. Laju pertumbuhan anak dengan usia kandungan cukup (bukan prematur) dikatakan normal bila mengikuti kaidah umum berikut ini

dm-bbtblk_eit10

Perubahan berat badan :

  • Berat bayi baru lahir biasanya berkurang 10% dalam hari-hari pertama dan naik kembali mulai hari ke 10-14
  • Pada tiga bulan pertama berat badan bayi biasanya naik 30 gram/hari
  • Antara 3-6 bulan berat badan bayi naik 20 gram/hari dan sekitar 10 gram/hari di antara 6-12 bulan
  • Berat badan bayi menjadi 2x lipat berat badan lahir pada usia 4 bulan dan menjadi 3x lipat pada usia 1 tahun
  • Berat badan anak naik sekitar 2 kg/tahun antara 2 tahun sampai pubertas2-4

Pertambahan panjang/tinggi badan

Rumus lima

Lingkar kepala (menunjukkan pertumbuhan otak):

  • Rata-rata lingkar kepala bayi saat lahir ialah 35 cm
  • Lingkar kepala bertambah sekitar 1 cm/bulan selama 1 tahun pertama dengan perubahan paling cepat saat 6 bulan pertama : sebesar 2 cm selama 1 bulan pertama dan 6 cm selama 4 bulan pertama.
  • Berat otak meningkat dua kali lipat dari saat lahir saat usia bayi 4-6 bulan dan meningkat 3x lipat saat usia anak 1 tahun.
  • Sebagian besar pertumbuhan anak selesai pada usia 4 tahun.

Lalu Kapan anak dikatakan gagal tumbuh?

Pada anak yang laju pertumbuhannya tidak mengikuti pola pertumbuhan normal orang tua perlu waspada akan gagal tumbuh. Sampai saat ini memang belum ada konsensus tetap mengenai definisi gagal tumbuh. Salah satu indeks pertumbuhan untuk mengetahui risiko gagal tumbuh ialah dengan menggunakan tabel laju berat badan WHO yang bisa di akses di sini. Laju berat badan ialah perubahan berat badan anak dalam gram selama interval 1-2 bulan dibandingkan dengan populasi. Bila ada perubahan berat badan di bawah presentil 5 maka dapat dikatakan seorang anak mengalami risiko gagal tumbuh.5-8 

Contoh grafik gagal tumbuh (http://ino.sagepub.com/content/3/12/719/F1.large.jpg)

Contoh grafik gagal tumbuh (http://ino.sagepub.com/content/3/12/719/F1.large.jpg)

Apa penyebab berat badan anak saya sulit naik?

Berat badan anak sulit naik sampai gagal tumbuh dapat terjadi karena 3 mekanisme yaitu asupan nutrisi yang tidak adekuat, gangguan penyerapan atau penggunaan nutrisi atau meningkatnya kebutuhan nutrisi anak. Namun, sebagian besar kasus berat badan sulit naik di pelayanan kesehatan primer ialah asupan nutrisi yang kurang cukup karena faktor psikososial atau gangguan perilaku makan.5,6

Asupan nutrisi tidak cukup

  • Pola pemberian makan yang salah

  • Terganggunya hubungan antara orang tua (pengasuh) dan anak

  • Masalah ekonomi

  • Asupan nutrisi yang tidak sesuai (konsumsi jus yang berlebihan, porsi yang kurang, jenis makanan yang tidak sesuai usia anak)

  • Masalah kejiwaan

  • Masalah pembentukan organ (bibir sumbing, sumbatan hidung, masalah gigi)

  • Gangguan mengisap atau menelan (gangguan saraf dan otot, gangguan pergerakan kerongkongan)

Kurangnya nafsu makan atau ketidakmampuan mengkonsumsi dalam jumlah banyak

  • Masalah kejiwaan
  • Penyakit jantung dan pembuluh darah
  • Gangguan kekuatan otot
  • Penyakit kronis atau gangguan imun
  • Palsi serebral
  • Gangguan sistem saraf pusat (tumor, hidrosefalus)
  • Sindroma genetik
  • Anemia (kekurangan besi)
  • Sembelit
  • Gangguan saluran cerna
  • Anomali kepala dan wajah (bibir sumbing, rahang kecil)
The More You Force Children To Eat, The Less They Eat_1

womencentre.net

Gangguan penyerapan makanan atau pengeluaran makanan terlalu cepat

  • Malabsorbsi (intoleran laktosa, cystic fibrosis, penyakit jantung, malrotasi, inflammatory bowel disease, alergi susu, parasit, penyakit celiac)
  • Atresia biliaris, sirosis hati
  • Muntah
  • Obstruksi saluran cerna (hernia, pyloric stenosis, malrotasi, intususepsi)
  • Diare
  • Penyakit saluran cerna

Meningkatnya penggunaan nutrisi atau penggunaan nutrisi yang tidak efektif

  • Penyakit hipertiroid
  • Kanker/keganasan
  • Inflammatory bowel disease (IBD) kronis
  • Penyakit kronis  (juvenile idiopathic arthritis)
  • Infeksi kronis berulang (infeksi saluran kencing, tuberculosis (TBC), toksoplasmosis)
  • Penyakit metabolik kronis (gangguan penyimpanan makanan, galaktosemia, diabetes mellitus)
  • Penyakit saluran nafas kronis (displasia bronkopulmonar, cystic fibrosis)
  • Penyakit jantung bawaan atau didapat.

Beberapa saran untuk orang tua

Pengukuran pertumbuhan anak penting dilakukan untuk mendeteksi dini malnutrisi pada anak, baik itu kelebihan atau kekurangan gizi. Oleh sebab itu, penting sekali orang tua memantau tumbuh kembang anak dengan rutin mengecek ke Posyandu atau pelayanan kesehatan primer/sekunder . Orang tua perlu waspada bila: 9-10

  • Berat badan anak tidak naik sebanyak 2 kali pengukuran
  • Berat badan/tinggi badan di <-2 SD (Standar Deviasi) atau <-3 kurva WHO (malnutrisi akut)
  • Berat badan/tinggi badan >+2 SD (gemuk) atau >+3 SD (obesitas) kurva WHO
  • Berat badan anak berada di Bawah Garis Merah menurut KMS (di bawah <-3 SD kurva Berat badan/umur WHO)
  • Tinggi badan/umur <-2 atau <-3 SD (malnutrisi akut)
  • Laju pertumbuhan anak tidak mengikuti pola normal

Bila orang tua menemukan satu atau lebih dari tanda di atas, jangan sungkan untuk menghubungi dokter ya 🙂

Agustina Kadaristiana, dr.

Referensi

  1. Julie A Boom. Normal growth patterns in infants and prepubertal children. Uptodate [Internet]. 2015; Available from: http://www.uptodate.com/contents/normal-growth-patterns-in-infants-and-prepubertal-children
  2. Crossland DS, Richmond S, Hudson M, Smith K, Abu-Harb M. Weight change in the term baby in the first 2 weeks of life. Acta Paediatr Oslo Nor 1992. 2008 Apr;97(4):425–9.
  3. Macdonald PD, Ross SRM, Grant L, Young D. Neonatal weight loss in breast and formula fed infants. Arch Dis Child Fetal Neonatal Ed. 2003 Nov;88(6):F472–6.
  4. Wright CM, Parkinson KN. Postnatal weight loss in term infants: what is normal and do growth charts allow for it? Arch Dis Child Fetal Neonatal Ed. 2004 May;89(3):F254–7.
  5. Cole SZ, Lanham JS. Failure to thrive: an update. Am Fam Physician. 2011 Apr 1;83(7):829–34.
  6. Rebecca T Kirkland, MD, MPH, Kathleen J Motil, MD, PhD. Failure to thrive (undernutrition) in children younger than two years: Etiology and evaluation. Uptodate [Internet]. 2014 Mar 12; Available from: http://www.uptodate.com/contents/failure-to-thrive-undernutrition-in-children-younger-than-two-years-etiology-and-evaluation
  7. Roche AF, Sun SS. Human Growth: Assessment and Interpretation. Cambridge, United Kingdom: Cambridge University Press; 2003.
  8. Weight velocity. WHO [Internet]. Available from: http://www.who.int/childgrowth/standards/w_velocity/en/
  9. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 155/Menkes/Per/I/2010 TENTANG PENGGUNAAN KARTU MENUJU SEHAT (KMS) BAGI BALITA. Kementrian Kesehatan RI; 2010.
  10. Buford L Nichols, MD. Malnutrition in children in developing countries: Clinical assessment. Uptodate [Internet]. 2015 Feb; Available from: http://www.uptodate.com/contents/malnutrition-in-children-in-developing-countries-clinical-assessment

47 thoughts on “Mengapa Berat Badan Anakku Sulit Naik?

  1. nicky

    bu dokter, saya mau konsul.
    anak saya lahir dengan berat 2,1 kg karena caesar dan kurang 1 bulan kelahiran.
    sekarang sudah usia 1 tahun tapi beratnya belum naik lagi dari sejak usia anak saya 6 bulan. skarang beratnya 6,8 kg.
    sebelumnya sudah cek mantoux dan hasilnya negatif.
    sampai sekarang menggunakan ASi.
    bagaimana ya bu dokter? saya bingung.

  2. Agustina Kadaristiana Post author

    Halo ibu..
    Pertumbuhan bayi prematur memang tidak bisa disamakan dengan bayi cukup bulan sampai kira2 usia 2-3 tahun. Nah misalnya, ketika anak ibu usia sekarang adalah 1 tahun, saat ibu mau plot berat badan anak ibu di kurva pertumbuhan, ibu perlu mengurangi umur 1 tahun dengan selisih prematur (1 bulan). Jadi, ibu mestinya memplotkan di usia 11 bulan.

    Mengenai berat badan yg tidak kunjung bertambah, paling mudah coba di telaah lagi bagaimana asupan nutrisinya.. seperti ASI+MP ASI. Alhamdulillah kalau Mantoux negatif mudah2an memang tidak ada penyakit. Coba di telaah lagi bersama dokter anak kemungkinan lain seperti alergi, kebiasaan makan, jumlah asupan makanan, dsb. Mudah2an mendapatkan solusi yg optimal ya ibu..

  3. Darwita ayu

    Selamat siang bu dokter.anak saya baru genap 2 th. Tapi bb nya susah sekali naik. Bn lahir hanya 2,6 . Dan skrg 2 thn hanya 9 kiloan. Padahal makan dan minum susunya sangat doyan .anaknya jg sangat aktif, cerdas dan sehat alhamdulillah. Kira2 knp dok??? Apa bisa tbc kata mamah saya? Padahal anak saya batuk pilek hampir gak pernah dok alhamdulillah. Harus pergi ke dokter kah atau ada saran terdahulu dari doketer? Tks

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo ibu,
      Anak ibu perempuan/laki2? Lalu tingginya berapa?
      kalau dilihat di kurva tumbuh kembang memang untuk anak 2 tahun 9 kg gizinya kurang ya ibu. Bagaimana dengan bulan-bulan sebelumnya?
      Sebaiknya memang ke dokter ibu untuk dicek penyebab sulit turunnya apa. Karena dari cerita ibu sepertinya selera makan anak ibu tidak ada masalah. Dokter akan mengecek tidak hanya tbc tapi juga kemungkinan lain misalnya alergi, cacingan, dsb. Gejala tbc tidak harus batuk pilek pada anak bu. Semoga membantu ya ibu, dan anak ibu sehat-sehat selalu

  4. Septinia putri cantika

    Selamat malam dok,.
    Anak perempuan saya yang kedua usia 2 tahun 7 bulan,.berat badannya 10 kg sejak usianya 2 tahun,.
    Masih ASI dok,.saya rencana mau menyapih tapi anaknya belum bersedia,.saya memberi pengertian ke dia tapi dia malah bilang “moh” dan ngambek tanda tak setuju,.apakah ASI saya masih ada nilai gizinya dok?
    Ayahnya perokok dok apa pengaruh juga?
    Anaknya doyan ngemil dan makannya lahap tapi sufornya kalo yg bubuk pasti dia gak mau dan kalau uht kadang habis 100 ml kadang gak habis,.

    Tolong bantuan dok,.saya ucapkan terima kasih,.
    Semoga kebaikan dokter dibales sama Tuhan,.Amin,.

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo Ibu, maaf telat membalas.
      Menyusui lebih dari dua tahun (extended breastfeeding) sebetulnya tidak berbahaya. Tidak ada larangan dari segi medis, sepengetahuan saya. ASI ibu masih mengandung nutrisi & zat kekebalan tubuh. Namun, seiring pertumbuhan usia, anak diatas dua tahun harus mendapat asupan tambahan seperti makanan-minuman yang bergizi seimbang & cukup. Kalau anak ibu makananya lahap itu bagus sekali ibu. Karena banyak anak seusia ibu yang susah makan. Pastikan saja anak ibu makan bervariasi mulai dari protein seperti ayam, daging sapi, telur, tahu, tempe, ikan, dsb, karbohidrat seperti nasi, kentang, roti, dll, buah-buahan dan sayuran. Susu tidak usah dipaksa ibu, selama ibu pastikan sumber protein dan zat gizi lain cukup, tidak masalah. Mungkin bisa ibu variasikan menjadi yoghurt, dibuat es potong, es krim, dsb. Namun,hati-hati juga jangan memberi gula yg terlalu banyak. Mudah2an pengalaman makan anak ibu menjadi menyenangkan yah bu 🙂

      Mengenai berat badan anak ibu, sepertinya kalau 10 kg perlu ditambah lagi ya ibu..Coba ibu pastikan timbangannya terkalibrasi dengan baik, lalu diukur tinggi badannya. Saran saya ada baiknya ibu ke dokter anak agar dipastikan status gizi anak ibu dan kondisi kesehatan anak ibu. Merokok memang kurang baik ibu bagi keluarga.. Efek rokok bukan hanya berbahaya bagi yang perokok, tetapi bagi yang menghirupnya juga. Debu/asap yang menempel di perkakas rumah juga berbahaya. Dampaknya paling terlihat mempengaruhi kesehatan organ pernafasan anak dan kekebalan tubuh. Anak menjadi sering batuk pilek dan rentan terhadap penyakit.. Mudah2an dengan diberikan pengertian sedikit-sedikit, sang ayah mau berhenti merokok ya ibu…

      Semoga membantu

  5. Fivien

    Dok saya mau tanya anak saya didiagnosa terkena pjb msih usia 1bln susah sekali naiknya berat badannya msih 2kg wktu lahir 1,8 kg bagaimana cara mengatasi agar bisa naik banyak dok beratnya?

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo ibu Fivien, saya ikut prihatin dengan kondisi anak ibu. Semoga kondisi PJB anak ibu semakin lama semakin membaik. Mengenai masalah berat badan sulit naik, memang PJB menjadi salah satu faktor dan pertumbuhannya tidak bisa disamakan dengan anak yg tidak memiliki PJB. Untuk PJB, penambahan berat badan 225-450 gram saja sudah bagus. Hal ini disebabkan anak PJB butuh energi ekstra untuk memenuhi kebutuhan oksigen di sel2 tubuh untuk tumbuh kembang. Sehingga asupannya juga mungkin perlu lebih. Namun, masalah lain ialah resiko sesak dan mudah lelah ketika anak menyusui. Jadi, pola makan yang disarankan ialah porsi sedikit-sedikit tapi sering. Saya sarankan ibu untuk ke dokter anak/dokter gizi untuk mendapatkan “resep” menu dan porsi harian untuk anak ibu sesuai dengan usia. Misalnya, berapa cc ASI, cara pemberian (ASI/susu formula), apakah perlu susu tambahan, dsb. Semoga membantu ibu..

      1. M. sobri

        Assalamualaikum bu dokter,saya mau bertanya, Kenapa anak saya sudah 3 kali posyandu berat badannya sllu nggak naik? Tetapi bb nya nggak turun dok, bb anak saya 6.6 ,usia 8 bln anak saya perempuan.. kalau untuk makan anak saya suka dok.. lahap, makanya nasi sama susu formula di cmpur,. ASI tetap dok,susu formula untuk selingannya aja, wktu makannya pagi sama sore,

        1. Agustina Kadaristiana Post author

          Waalaikumsalam Pak Sobri, terimakasih sudah bertanya di Doctormums. Baik, saya coba bantu jawab ya Pak. Laju pertumbuhan anak memang berbeda-beda. Tergantung dari faktor keturunan, nutrisi, ada/tidaknya penyakit, dsb. Untuk anak bapak, memang BB 6.6 kg untuk seusia 8 bulan tergolong kurang ya pak. Sebaiknya segera diperiksa oleh dokter (bisa ke dokter umum dulu atau lgs ke dokter anak). Kalau ternyata makan anak lahap dan kaya akan gizi, mungkin ada sebab lain yang menyebabkan berat badannya kurang dan susah naik2. Misalnya pola pemberian makanan yang kurang efektif (makan sambil bermain), gangguan pencernaan, infeksi kronis (misalnya TBC, cacingan, dsb). Agar bisa dipastikan sebabnya, silakan diperiksa ke dokter ya Pak.. Sementara coba beri makan 3 x sehari ya pak (pagi, siang, sore) disertai makanan selingan 2x (buah-buahan, cemilan sehat, atau sufor). Kalau makan pagi dan sore saja mungkin masih kurang. Semoga membantu ya Pak

      2. M. sobri

        Assalamualaikum bu dokter,saya mau bertanya, Kenapa anak saya sudah 3 kali posyandu berat badannya sllu nggak naik? Tetapi bb nya nggak turun dok, bb anak saya 6.6 ,usia 8 bln anak saya perempuan.. kalau untuk makan anak saya suka dok.. lahap, makanya nasi sama susu formula di cmpur,. ASI tetap dok,susu formula untuk selingannya aja, wktu makannya pagi sama sore,
        Terima kasih dok

  6. iis martiani

    malam dok anak saya usia 11 bulan laki laki berat badan 7,5 kg pas lahir bb:3,2. asi udah gx dok. makan banyak dok tp k sufor kurang dok… anaknya gx bisa diem. sekarang bb susah naik dok dr usia 8 bulan… segitu trus. sufor yang bagus apa ya dok buat cpet naikin bb? trmakash dok

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo bu iis, menurut hemat saya, tidak ada sufor yang khusus dibuat untuk menambah berat badan. Susu formula dibuat untuk mengganti ASI/suplemen, tetapi untuk anak 11 bulan, kandungan gizi seperti karbohidrat (nasi tim/bubur, kentang, dsb), protein (ayam, ikan, daging, tempe, tahu, dsb), buah, sayuran itu lebih penting ketimbang mengandalkan dari susu. Bila anak ibu susah makan, coba diperbaiki dulu pola makannya seperti dibuat jam makan yang rutin, sama2 makan sendiri di meja makan, makan tidak sambil nonton tv/main, dsb. Semoga membantu

  7. mayrani puspitasari

    Selamat pagi dokter, sy mau bertanya. Anak sy laki2 umurny bln oktober tahun ini 8 tahun, tetapi kenapa berat badan ny tidak naik2 dokter. Makanny banyak dn mau dok tp Badanny kok mash kurus saja. Timbangan badan ny naik tp sdikit. Yg ingin sy tanyakan apa kira2 penyebab ny dokter. Trims

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo ibu Mayrani, beberapa penyebab berat badan sulit bisa dibaca di artikel. Mengenai penyebab pastinya, saya kurang tahu ibu, karena anak ibu harus diperiksa langsung di klinik jika memang berat sangat susah naik BB. Paling sering memang kurang asupan makan yang kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya dan aktivitasnya. Semoga membantu

  8. Ummu Maryam

    Dok, anak saya lahir bb 2500 gram. Sejak mpasi irit naik bb nya. Tiga bulan terakhir belum naik dari angka sekitar 7 kg. Sepenglihatan saya, anak sy tidak terlihat sakit, sakit paling flu itupun jarang. Makan masih lancar, sedang mulai fase jalan. Rasanya kok input dg output tdk sebanding ya dok? Sebulanan ini mpasi nya sy pakai dobel karbo dan triple protein, sayur, kadang2 ditambah keju atau minyak. Kenapa bb nya susah naik dok? Jika konsultasi, harus ke dsa atau ahli gizi? Terima kasih dok..

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo ibu,
      Luar biasa sekali usaha ibu untuk mengusahakan nutrisi pada anak ibu ya. saya salut.
      kalau boleh tanya anak ibu usia berapa, tinggi badan berapa, lalu prematur atau tidak? Nah kalau ibu kurang yakin tentang status gizi anak, coba isi KMS yang ada kurva tumbuh anaknya secara rutin (plot berdasarkan usia, BB, Tinggi badan). Kalau diukur seperti itu, lebih objektif apakah anak ibu termasuk normal, kurus atau lebih beratnya. Bisa jadi 3 bulan tidak naik dari 7 kg tapi masih dalam batas normal atau sebenarnya sudah naik tapi tidak sampai 1 kg. Coba ke DSA dulu agar sekalian diperiksa semuanya. Mudah2an membantu ibu

  9. Ummu Maryam

    Dok, anak saya lahir bb 2500 gram. Sejak mpasi irit naik bb nya. Tiga bulan terakhir belum naik dari angka sekitar 7 kg, usianya hampir 1 tahun. Sepenglihatan saya, anak sy tidak terlihat sakit, sakit paling flu itupun jarang. Makan masih lancar, sedang mulai fase jalan. Rasanya kok input dg output tdk sebanding ya dok? Sebulanan ini mpasi nya sy pakai dobel karbo dan triple protein, sayur, kadang2 ditambah keju atau minyak. Kenapa bb nya susah naik dok? Jika konsultasi, harus ke dsa atau ahli gizi? Terima kasih dok..

  10. Ami

    Dok, mohon pencerahannya anak saya laki2 usia 14 bulan, BB 8.8 kg. Berat wkt lahir 2.5 kg, lahir +/- saat usia kandungan 8 bulan kurang krn sy plasenta previa complete shg wkt hamil terus menerus pendarahan. Anak sy mkn nya lahap setiap mkn slalu ada cincang sapi tanpa lemak 30 gr, keju 5 gr & telur ayam kampung 1 btr, utk minum su2 emang agak susah. Tp knp BBnya sukar naik y Dok ? Anaknya sey lincah, pintar & bbrp katanya sudah jelas. Trims.

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo ibu Ami,
      kalau boleh tahu tinggi badannya berapa ya? Ibu, kalau anak prematur memang pertumbuhannya tidak bisa disamakan dengan anak cukup bulan. Penilaian status gizi dari kurva tumbuh kembang juga berbeda caranya. Ibu coba cek di sini: http://www.rcpch.ac.uk/system/files/protected/page/A5%20Boys%20UKWHO.pdf ini kurva tumbuh kembang untuk anak prematur. Kalau dari kurva ini, tergolong kurus dari rata-rata anak seusianya. Tapi perlu dicek lagi dengan tinggi badan anak ibu. Kalau penyebab BB susah naik bisa macam2. Prematur bisa jadi salah satunya tetapi biasanya setelah usia 1 tahun pertumbuhan anak mulai sama dengan yang cukup bulan. Bisa juga karena penyakit misalnya infeksi kronis (TBC), alergi, dsb. Tapi bisa juga memang variasi normal. Artinya karena anak ibu aktif jadi kalori yg di dapat selalu dipakai. Saran saya, silakan ibu cek ke dokter untuk konsultasi. Kalau diperiksa langsung bisa lebih jelas bu apakah anak ibu sehat atau tidak. Semoga membantu ibu

  11. ajeng destiana

    Bu dokter, mau tanya anak saya skrg kan usia 15 bulan
    Tapi bb nya selalu stay di 6,7 kg
    Dan skrg lg sakit keliatan kurus kayanya turun drastis
    Alhamdulillah anak saya aktif,udh bisa jalan,bicara pun udh sedikit2 jelas
    Apa yg hrs saya lakukan selalu cemas tiap hari liat anak saya kurus, apa faktor keturunan?karena saya dan suami memang kurus
    Makasih dok

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo ibu,

      faktor keturunan biasanya mempengaruhi tinggi badan bu. Kalau berat badan anak kurus & susah naik, perlu dipikirkan apakah:
      – asupan nutrisinya cukup?
      – pola makan baik?
      – penyajian makanan tepat?
      – apakah ada penyakit penyerta? (misalnya infeksi kronis seperti TBC, gangguan jantung, gangguan penyerapan makanan)
      – adakah alergi makanan?, dll
      Sebaiknya untuk memastikan sebab dari keluhan ibu, ibu konsultasi ke dokter anak bagian nutrisi. Dokter akan mencari penyebabnya satu per satu lewat pemeriksaan fisik, periksa laboratorium bila perlu dan mencari solusi dari permasalahan ibu. Semoga membantu ibu.

  12. laelasusanti

    Bu dokter
    Anak saya usia 4 thn 4 bulan tp berat badanya cuma 15kg kadang 16 kg tinghi badan 110.dak mau naik dok dari usia 3 thn.gimana ya yang harus saya lakukan makannya rutin.sehari 3x.buah maunya mangga saya.minum susu juga.kok berat badan dak mau naik ya.ngemilnya juga roti.jarang bahkan hampir tidak pernah jajan es atau pun ciki.

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo ibu laela,

      Anak ibu laki-laki atau perempuan? Saya coba cek status gizi anak ibu dari kurva WHO.
      Jika anak ibu laki-laki, hasilnya gizi kurang/kurus (dari kurva ini dan ini).
      Jika anak ibu laki-laki, hasilnya juga sama termasuk gizi kurang/kurus (dari kurva ini ) dan ini).
      Pada dasarnya berat badan yang sulit naik bisa terjadi karena 3 kondisi:
      1. Bila asupan kurang
      2. Asupan cukup tapi penyerapan makanan tidak baik atau pengeluaran makanan terlalu cepat
      3. Asupan cukup tapi penggunaan nutrisi tinggi
      Kalau memang ibu merasa anak ibu makannya bagus, asupannya sudah cukup, sudah 4 sehat 5 sempurna (makanan pokok (nasi/kentang/roti), lauk pauk (ikan,tempe/tahu,daging, ayam dsb), sayur, buah, susu) mungkin yang perlu dicari 2 kemungkinan terakhir. Agar lebih pasti, sebaiknya diperiksa ke dokter anak ibu. Dicari apakah ada sebab lain seperti gangguan pencernaan, infeksi kronis (misal cacingan, TBC, dsb), atau gangguan hormonal. Apabila penyebabnya sudah ditemukan, mudah2an berat badannya akan mudah naik untuk selanjutnya. Semoga membantu ya ibu..

  13. Nur

    Bu anak saya perempuan bb lahir 3,3 kg. Sekarang umur 18 bln bb nya 8,3 kg. bb nya susah naik, makannya susah, jarang bab, masi asi tidak minum sufor. Kenapa ya bu? Apa solusinya ya bu agar bb nya bisa naik? Terima kasih bu.

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo Ibu, kalau saya lihat dari kurva berat badan WHO memang tergolong kurus untuk seuisanya ya ibu. Tapi kurangnya hanya 100-200 gram. Kalau 3.4-3.5 kg sudah gpp. Seperti yang sudah saya tulis di artikel, ada beberapa BB susah naik. Misalnya:
      – Kurang nafsu makan
      – Pemberian nutrisi yang kurang
      – Anak sakit tenggorokan, infeksi telinga, atau batuk pilek
      – Pola makan yang salah
      – Gangguan pencernaan
      – Penggunaan energi yang tidak efektif misalnya ada infeksi kronis (TBC, cacingan, dsb)
      Karena kemungkinannya banyak, sebaiknya konsultasi ke dokter anak ya Ibu.
      Sementara yang bisa ibu lakukan:
      – Coba terapkan pola makan yang benar seperti artikel ini http://doctormums.com/mengatasi-anak-susah-makan/
      – Berikan makanan yang bervariasi, tinggi kalori (misalnya nasi tim, nasi uduk, nasi goreng)
      – Terapkan jadwal
      Bila ternyata belum naik juga, coba konsultasi dulu ya Ibu ke dokter anak. Khawatir ada penyebab lain selain kurang selera makan. Semoga membantu

  14. Rhara

    Dok sy mo tnya
    Ank sy umur 4bulan lahir 2,1 kandungan cukup umur
    Tapi skrg 4bulan berat 3,3 turun 2ons
    Tp aktif dok
    Masih asiiii

  15. Mama Rey

    selamat malam dok,

    bayi saya (laki laki) bb lahir 3.05kg, usia nya saat ini 7bulan (bb 6.8kg dan tb 68cm), saat ini masih asi dan atas saran dsa nya sudah mpasi dini sejak usia 4.5 bulan krn bb nya kurang (dilihat dr grafik kmsnya).
    bb sangat susah naik walaupun saat mpasi sudah dicoba pemberian makanan dengan high protein.
    saat usia 6bulan (saat itu bb nya 6.3kg dengan tb 64cm) akhirnya saya kontrol ke dokter anak spesialis pencernaan krn saya curiga ada masalah dengab bayi saya karena sering sekali muntah (bahkan sejak masih asix atau sebelum mpasi).
    oleh dokter tsb, bayi saya di diagnosa GERD dan diberikan obat+vitamin.
    saat ini, muntahnya sudah mulai berkurang dan bb nya naik 500gram dalam 1bulan.

    yang ingin saya tanyakan, apakah kenaikan bb 500gram/bulan tsb masih kurang untuk bayi yg saat ini masih dalam penyembuhan GERD tsb dan bagaimana solusinya agar bayi saya bisa mengejar ketertinggalan bb nya (jika dilihat di kms, seharusnya minimal 7.5kg (mohon dikoreksi jika salah)).
    Sebelumnya, dsa nya juga menyarankan utk periksa Lab untuk mengecek ISK, apakah masih perlu saya lakukan karena kenaikan bb nya masih belum signifikan.

    Mohon pencerahannya dok. terima kasih.

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Selamat malam Mama Rey,

      Kalau menurut kurva tumbuh kembang WHO, di usia 6 bulan anak ibu tergolong underweight/kurus yah. Di usia 7 bulan kenaikannya sudah cukup bagus bu meskipun masih berat badannya masih tergolong kurang. Untuk anak yang kenaikan berat badannya sulit, terapinya memang “catch-up” weightgain dengan cara:
      – Ditelusuri & terapi penyebabnya
      – Diberikan asupan yang tinggi kalori 4-6x sehari
      – Tetap menciptakan lingkungan makan yang kondusif (tidak dengan tekanan/stress)
      – Menerapkan pola makan yang baik:
      a. Dudukkan anak saat makan
      b. Beri ia kesempatan untuk makan sendiri (misalnya perbolehkan ia memegang botol, atau makan finger food tapi saat makan dengan sendok baru disuapi)
      c. Berantakan saat makan itu wajar. Bersihkan sisa makanan yg berserak tadi bila anak sudah makan
      d. Hindari distraksi saat makan seperti TV, hp, telepon, musik keras, gadget, dll
      e. Terapkan jadwal yang konsisten siapapun yang memberi makan
      f. Waktu makan harus relaks dan sosial. Makan bersama2 sambil ngobrol hal yang positif sangat baik (bukan melulu percakapan seberapa banyak anak perlu makan). Makan bersama bisa membuat anak belajar bagaimana orang lain memilih makanan dan scr tidak langsung menyemangati ia untuk makan sehat
      g. Jangan menyerah bila anak menolak makanan baru. Naluri anak memang hanya memakan apa yang ia familiar. Coba 8-10x atau lebih ketika mengenalkan makanan baru. Pada anak dengan gangguan perilaku (misalnya autis) makanan baru bahkan mungkin perlu dikenalkan 30x dulu sampai ia terimah.
      h. Jangan bertengkar saat makan, jangan paksa ia dengan tekanan
      i. Puji anak ketika mau makan, tetapi jangan hukum bila ia tidak mau makna
      – Pemberian multivitamin dan suplemen dengan resep dokter

      Saat fase kejar berat badan ini, diharapkan laju pertumbuhannya 2-3x lebih cepat dari anak yang berat badannya normal. Normalnya di usia 6-12 bulan laju pertumbuhan anak ialah 10 gram/hari (300 gram/bulan). Berarti untuk anak Ibu mungkin targetnya 600-900 gram/bulan sampai berat badan berada di kurva normal. Setelah berat badan berada di batas normal, kenaikannya lalu disesuaikan lagi agar tidak terjadi kelebihan berat badan. Namun, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter yang memeriksa ya Ibu. Meskipun kenaikannya baru 500 gram/bulan, ibu jangan kecil hati ya. Karena ibu sudah berada di trek yang benar.

      Mengenai pemeriksaan lab untuk ISK sebaiknya dilakukan juga bila ada anjuran dokter. Karena bisa jadi penyebab BB anak sulit naik bukan hanya 1 saja. Sebaiknya ditangani secara menyeluruh sehingga terapinya bisa dilakukan secara efektif dan efisien. Semoga membantu ya Bu

  16. Nova lina sembiring

    Slamat mlm bu
    Saya mama cahaya anak sya usia 17 bulan,BB nya saat ini 8 kg
    Anak saya susah BAB dan BAB keras
    Kemudian anak saya pernah menderita faringitis sudah di obati dgn dokter anak di sini
    Saya resah bu knapa BB nya sulit sekali naik
    Saya memang salah bu karna anak saya di asuh nenek nya dgn pola makan yg salah
    Dan selalu di beri jajanan bu.
    Menurut ibu apa yg harus saya lakukan?

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo Bu Nova, mohon maaf sekali terlambat menjawab.
      Sebelumnya anak Ibu perempuan/laki2? lalu tinggi badannya berapa?
      Kalau di lihat di kurva Berat badan/umur baik untuk laki2 dan perempuan, status gizinya tergolong kurang ya Bu Novi, Tapi perlu dikonfirmasi lagi dengan tinggi badan.
      Penyebab berat badan anak sulit naik bermacam2 ya Bu, seperti yang ditulis pada artikel. Bisa dari pola makan yg salah, asupan yang kurang, faktor psikologis atau penyakit. Untuk memastikannya, perlu pemeriksaan dari dokter ya BU. Sementara yang bisa ibu lakukan coba perbaiki cara makan anak yang bisa di baca di http://doctormums.com/mengatasi-anak-susah-makan/

      Semoga bermanfaat ya Bu

  17. Riana Rizky Agustia

    Selamat malam dok
    Dok,bayi perempuan saya berusia 4 bulan 11 hari (lahir tgl 1 sept 17),lahir dg BB 2.8kg, 1 bulan BBnya menjadi 3.5kg,usia 2 bulan 3.8kg,usia 3 bulan 4.1kg,usia 4 bulan 4.2kg. Anak sy sudah dibilang gagal tumbuh oleh DSAnya. Anak sy tidak sering muntah hny sj dia kurang nafsu utk minum susu asi,kira kira penyebabnya apa ya bu dokter? Masih full asi,namun anak sy pernah terdeteksi alergi susu sapi ketika usia nya 1 bulan. Terimaksh

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Selamat malam Bu,

      Mohon maaf atas keterlambatan menjawab. Baik, saya coba bantu jelaskan ya.
      Beberapa kemungkinan penyebab gagal tumbuh/berat badan sulit naik bisa Ibu baca di artikel “Mengapa Berat Badan Anakku Sulit Naik”, misalnya:
      – Kurangnya asupan
      – Penyakit kronis (misal infeksi saluran kemih, TBC)
      – Pemberian makan yang salah
      – Gangguan penyerapaan makanan
      – Kelainan bawaan (misalnya penyakit jantung dan kardiovaskular, dsb)
      Sebetulnya perlu dilakukan pemeriksaan secara mendetil oleh dokter anak ya bu untuk memastikan sebab berat badan tidak naik2 pada anak ibu karena apa. Mengenai malas menyusui bisa saja karena:
      – Mengempeng, membuat ia kembung sehingga malas menyusui
      – Bayi kesulitan mengisap payudara/dot secara benar. Saat tidak ada ASI yg keluar karena perlekatannya salah, bayi menjadi frustasi dan menolak menyusui
      – Bingung puting, biasanya terjadi ketika bayi ASI dikenalkan pada dot lalu kembali ke payudara
      – Tali lidah (yang membuat menyusui menjadi sulit)
      – Bayi sakit (misalnya radang telinga, batuk pilek, dsb)
      – Bayi merasa tidak nyaman (misalnya popok basah, cuaca panas, dsb)

      Untuk menyiasatinya, coba ibu :
      – Tetapkan jadwal menyusui misal tiap 2-3 jam untuk menyusui bayi. Meskipun ia tidak mau coba rangsang supaya ia familiar dengan puting
      – Jangan biasakan mengempeng sepanjang hari
      – Coba perbaiki perlekatan antara mulut bayi dan payudara
      – Gunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat
      – Ganti popok saat basah
      – Pasang suhu ruangan 23-25 derajat celcius di wilayah tropis.

      Bila ternyata tidak kunjung membaik, segera konsulasi ke dokter anak ya Bu untuk ditelaah penyebabnya

  18. Riana Rizky Agustia

    Tinggi badannya setiap bulan naik dok,lahir tinggi badannya 44cm dan sekarang tingginya 61cm

  19. dyta

    dok,saya mau tanya anak saya skrng 5 tahun dan sudah 1 th berat badan belum naik masih 21kg tinggi badan 125,padahal makan sudah 4x sehari tetapi tidak minum susu karena semenjak usia 4 th saya ajarkan menggunakan gelas karena itu susu soya dia tidak suka,anak saya alergi jd tidak bs mnm susu sapi,gmn y dok biar naik?

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo Bu Dyta,

      Anak ibu perempuan/laki2? Sebetulnya perlu dilihat dari kurva tumbuh kembang ya Bu. Coba Ibu cek di sini http://www.idai.or.id/professional-resources/growth-chart/kurva-pertumbuhan-who. Bila anak ibu laki2, berat badan 21 kg sudah bagus ya bu untuk anak 5 tahun. Tapi memang rata-rata sampai ia puber, berat badan anak naik kurang lebih 2 kg /tahun sejak umur 2 tahun.
      Untuk lebih jelasnya, baiknya diperiksakan ke dokter anak langsung ya Bu mengenai kondisi anak Ibu.

      Ibu sudah bagus mengajarkan anak minum pakai gelas. Kalau anak Ibu alergi susu sapi, coba ibu konsultasikan kembali ke dokter anak. Perhatikan dan periksa seberapa berat reaksi alergi anak thdp susu. Perlu diingat susu bukan yang buat gemuk ya Bu. Susu hanya pelengkap kalau sudah 5 tahun.Kalau anak Ibu asupannya sudah bagus (makan lahap 4x sehari, bervariasi dan gizi terpenuhi) artinya tidak perlu khawatir kalau tdk suka susu. Bila ternyata beratnya masih belum naik2 juga, perhatikan apa ada sebab lain misalnya:
      – Gangguan penyerapan makanan
      – Diare kronis
      – Cacingan
      – Infeksi kronis misalnya TBC, infeksi saluran kemih
      – Alergi, dsb

      Bila ada, mungkin perlu ditangani penyebabnya terlebih dahulu sambil melanjutkan pemberian gizi yg baik.

  20. Dyah

    Dok, saya galau dengan perkembangan anak saya dg sufor. Maaf No asi. Perempuan usia skrg 4bln 10hari, dengan BB bulan lalu 5.5 (Maaf Bln ini blm timbang) BB lahir 3.05kg. Yg ingin saya tnyakan mengapa kalau MLM hr susah sekali dibangunkan. Kalaupun mau nyusu sambil nangis, tp terus sy susui. 90ml tp selesainya Dimuntahkan. Kalau di siang hari tdk ada masalah 120ml kadang 150ml setiap 3-4jam prnh juga 210ml sekali. Saya takut perkembangannya kurang nutrisi. Saya ingin memeriksakannya dan konsultasi tp kemana ? Ke Dr sp anak/ ke Dr ahli gizi.?
    Terimakasih dok.

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Halo Bu Dyah, terimakasih telah bertanya di Doctormums. Kalau BB 5.5 kg bulan lalu berarti 3 bulan ya Bu? Kalau di cek sebetulnya berat badan menurut umur sudah bagus ya Bu. Tapi baiknya dicek lagi bulan ini beratnya berapa lalu di plot di kurva tumbuh kembang seperti ini: http://www.idai.or.id/downloads/WHO/2.BB%20menurut%20usia/Perempuan/0_6%20bulan.pdf atau http://www.idai.or.id/professional-resources/growth-chart/kurva-pertumbuhan-who . Lebih mudahnya, Ibu juga bisa pantau tumbuh kembang melalui buku KMS (Kartu Menuju Sehat). Memang paling baik bayi diberikan ASI ya Bu. Tapi tidak perlu terlalu merasa bersalah ya Bu, karena pasti Ibu ada alasan sendiri mengapa tidak memberi ASI. Bila Ibu tidak memberi ASI, benar pilihannya ialah sufor. Baik ASI maupun Sufor,pemantauan tumbuh kembangnya sama ya Bu. Paling mudah dilihat di buku KMS tiap bulan lalu diperiksa perkembangannya.

      Semakin besar, bayi jam biologisnya semakin baik ya Bu. Artinya, tidur malam mulai nyenyak dan lama tidak seperti ia baru lahir. Pada bayi usia 4-11 bulan, tidur paling optimal ialah 12-15 jam dalam sehari. Sesedikitnya 10 jam dan paling banyak 18 jam. Pada usia 4 bulan, bayi bisa tidur 8 jam di malam hari tanpa menyusui dan hal itu normal. Bayi nalurinya bisa mengatur kebutuhan nutrisinya sendiri. Sehingga ia tahu kapan ia lapar dan kenyang. Tugas Ibu ialah memberi susu ketika ia meminta. Pola menyusui ini dinamakan ad libitum (semaunya bayi) dan ini ialah yang direkomendasikan. Bila anak muntah, bisa saja karena ia sudah kenyang tapi masih disusukan, atau ia menyusui sambil menangis sehingga susu tidak tertelan baik. Intinya, selama berat badan masih naik sesuai dengan semestinya, Ibu tidak perlu terlalu khawatir ya Bu…

      Bila Ibu ingin memeriksa baiknya ke dokter anak ya. Tiap bulan dipantau tumbuh kembangnya. Bila tidak ada dokter anak, Ibu bisa ke dokter umum terdekat. Semoga membantu

  21. Fina Barrotu Ma'alina

    Assalamu’alaikum dokter.
    Anak saya perempuan skrg umurnya 1tahun.
    Kemarin pas umur 9bulanan mau suntik campak tp BB kurang karena cuma 6,5kg sdgkan kata bidan untuk suntik campak min BB 7kg. Dan sampai saat inipun umur 1th blm campak.
    Genap umur 1th anak sya sudah bisa merangkak+rambatan+tumbuh gigi 3+ngoceh* tinggal belajar jalan+bicara. Anaknya aktif sekali.
    ASI esklusif.
    Ada riwayat kuning.
    Diumur 1thn ini anak sya BBnya 6,9kg.
    Kata ibu sya dikasih SF aja biar BBnya cpt naik (blm tak kasih).
    Soal makanan tambahan sulit sulit gampang.
    Yg mau sya tanyakan, kok BBnya naiknya lambat ya dok? Apakah terdeteksi adanya penyakit atau gimana ya dok? Saya bingung dan sedih dok, mohon jawabannya. Terimaksih.

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Waalaikumsalam wr wb.

      Halo Ibu.. memang kalau dilihat dari kurva tumbuh kembang WHO http://www.idai.or.id/downloads/WHO/2.BB%20menurut%20usia/Perempuan/6_2%20tahun.pdf berat badan anak ibu tergolong kurang ya Bu. Sebetulnya kalau BB kurang tidak lantas membuat anak bebas dari vaksin campak. Mengenai BB sulit naik dan BB anak kurus, bisa disebabkan karena:
      – Asupan yang kurang. Misalnya ASI/Susu-formula dan MP ASI yang kurang memenuhi kebutuhan gizi bayi
      – Pola pemberian makan yang salah
      – Gangguan saluran pencernaan
      – Infeksi (seperti penyakit TBC, cacingan, dsb)
      Agar bisa dipastikan, sebaiknya diperiksa ke dokter ya Bu (bukan ke bidan). Bidan bisa mendeteksi apakah berat badan anak normal/tidak. Namun untuk memeriksa apakah ada penyakit/tidak, perlu diperiksa ke dokter. Dokter nanti akan bertanya mengenai riwayat tumbuh kembang dan penyakit pada anak ibu serta keluarga terdekat, gejala yg dirasakan, juga akan diperiksa fisik serta penunjang bila diperlukan (misal diperiksa lab, dll).

      Sementara yang bisa ibu lakukan:
      – Coba ibu atur jadwal pemberian makan rutin. Misal ASI sesuai kemauan anak, tapi makan besar di atur dengan jadwal. selengkapnya ibu bisa baca di sini http://doctormums.com/mengatasi-anak-susah-makan/
      – Berikan MP Asi sesuai yang disesuaikan dengan usia baik dari segi jenis makanan juga teksturnya. Selengkapnya bisa dibaca di sini http://doctormums.com/serba-serbi-mpasi/
      – Boleh memberikan susu tambahan/vitamin bila disarankan oleh dokter.
      Semoga membantu ya Bu.

  22. Desy nurhayati

    Assalamualaikum dok maaf mau Tanya anak saya laki laki usia 19bln skrg bb Nya 9,6 Dan Lagi flu batuk juga, sebelum Nya seminggu yg lalu 10,5kg d timbang d posyandu…memang anak saya sedikit naik bb Nya, pernah 3bulan yg lalu anak sy di diagnosa tbc part tp alhamdulillah setelah tes mantoux negatif.. Tp d leher Ada benjolan segede biji kacang kedelai, Dan kt dokter klo mau d sedot.. Apa kelenjar yg menjadi faktor susah naik bb
    Terimakasih dokter. Salam

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Waalaikumsalam bu Desy, terimakasih sudah bertanya di Doctormums. Mengenai berat badan anak ibu memang kalau menurut kurva WHO http://www.idai.or.id/downloads/WHO/2.BB%20menurut%20usia/Laki-laki/0_2%20tahun.pdf tergolong berat badan kurang ya bu. Sedangkan benjolan di leher pada anak paling sering karena adanya pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Kelenjar getah bening ini berfungsi untuk membuat “pasukan” kekebalan tubuh anak sehingga bila ada reaksi infeksi virus/bakteri (misal TBC, campak, dll) bisa merangsang kelenjar getah bening untuk memproduksi sel kekebalan tubuh. Efeknya kelenjar getah bening ini bisa membesar. Namun, pembesaran KGB ini juga bisa disebabkan karena radang di kelejarnya sendiri, tumor, dsb.

      Selain karena pembengkakan KGB, benjolan leher pada anak bisa juga disebabkan karena:
      – Pembesaran kelenjar tiroid. Lokasinya ada di leher bagian depan (kiri dan/atau kanan)
      – Gondongan yaitu infeksi kelenjar ludah akibat virus
      – Tumor
      – Skin tag, yaitu penebalan kulit.

      Karena penyebabnya banyak, memang perlu dipastikan dengan pemeriksaan patologi anatomi (disedot/diambil benjolannya lalu diperiksa dibawah mikroskop). Pemeriksaan tersebut biasanya paling akurat untuk menentukan sebab benjolan.

      Intinya, benjolan ini hanyalah salah satu dari gejala penyakit yang perlu dicari tahu penyebabnya. Penyakit ini lah yang mungkin mempengaruhi berat badan anak Ibu (bukan gejala benjolannya). Saran saya, ikuti anjuran dokter serta tetap beri makan sesuai dengan kebutuhan anak dengan cara pemberian makan yang benar. Semoga membantu ya Bu.

  23. Hikmah eka

    Assalamualaikum dok . Anak saya perempuan bb waktu lahir 2,7kg. Sekarang usianya 4bln dgn bb 4,5kg.. bb susah naik dok tp masih ASI eksklusif. Bagaimana solusinya dok ? Terimakasih

    1. Agustina Kadaristiana Post author

      Waalaikumsalam wr wb. Terimakasih Eka sudah bertanya di Doctormums. Baik, saya coba bantu jawab ya. Laju pertumbuhan anak memang berbeda2 pada umumnya. Tergantung dari faktor keturunan (perawakan ayah dan ibu), nutrisi (kalau masih ASI tergantung dari makanan Ibu), ada/tidaknya penyakit, pola asuh, dsb. Untuk melihat laju pertumbuhan anak, Ibu bisa menggunakan kurva KMS tiap bulannya atau bisa lihat di kurva ini http://www.idai.or.id/professional-resources/growth-chart/kurva-pertumbuhan-who. Kalau dilihat dari kurva Berat Badan/Umur untuk anak perempuan http://www.idai.or.id/downloads/WHO/2.BB%20menurut%20usia/Perempuan/0_6%20bulan.pdf sebetulnya 4 bulan dengan BB 4.5 kg tergolong BB kurang ya Bu. Beberapa kemungkinan BB kurang dan susah naik misalnya pemberian ASI yang kurang efektif (misal perlekatan dengan payudara kurang baik sehingga ASI yang keluar kurang banyak dan optimal), gangguan organik pada tubuh bayi (misal adanya tali lidah yang menyulitkan proses ASI, celah di bibir/rahang, kelainan jantung bawaan), gangguan pencernaan, dsb. Agar bisa dipastikan, saya sarankan untuk diperiksa ke dokter anak ya Bu. Sementara yang bisa Ibu lakukan terus berikan ASI sesuai dengan keinginan bayi, pastikan perlekatan payudara dengan mulut bayi benar, ibu terus konsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi untuk memperlancar ASI misalnya:

      – Serat. Diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan sereal.
      – Protein. Didapatkan dari nutrisi ikan, telur, daging, dan kacang-kacangan.
      – Makanan bertepung, seperti dari nasi, kentang, pasta, dan roti gandum utuh.
      – Susu atau olahan susu, seperti keju dan yoghurt.

      Cukupi kebutuhan cairan, istiharat yang cukup, hindari stress. Adapun pemberian Sufor sebaiknya konsultasikan ke dokter anak terlebih dahulu. Semoga membantu ya Bu.

  24. dian Kurnia

    Hallo dok slmat malam ,, dok saya mau tanya kenpa ya Bb anak saya sllu tidak naik” 5x timbangan bb anak saya 8,5 trs dan umur anak saya saat ini baru 1tahun ,, saya binggung dok gimna caranya supaya naik

Comments are closed.