Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi yang Tidak Perlu dibeli

Salah satu kebingungan orangtua baru dalam menyambut si kecil ialah memilihkan perlengkapan bayi untuknya. Begitu pula saat kita ingin memilihkan kado kelahiran untuk buah hati saudara atau kawan kita. Saat ini, produk bayi amatlah banyak yang dijual di pasaran. Terlebih lagi dengan modelnya yang menarik dan senantiasa update. Padahal, tidak semua perlengkapan bayi yang beredar itu aman lho! Bahkan untuk produk yang kita anggap biasa sekalipun. Kira-kira perlengkapan bayi apa saja ya yang kurang aman dan tidak perlu dibeli?

Daftar Perlengkapan Bayi yang Tidak Perlu Dibeli

1. Perlengkapan bayi untuk tidur seperti bantal, guling, dan selimut.  Perlengkapan ini sebetulnya praktis dan umum sebagai kado kelahiran. Namun, ternyata bayi yang baru lahir tidak disarankan untuk tidur menggunakan bantal, guling atau selimut. Pasalnya, perlengkapan tidur ini dapat meningkatkan risiko bayi terjebak, tercekik dan kekurangan nafas yang dapat berakibat fatal bagi bayi. Meskipun begitu, sebagian besar ahli setuju perlengkapan tidur ini relatif aman digunakan saat anak di atas 12 bulan.
Alternatif : cukup pakaikan jumpsuit tidur yang hangat tanpa memakaikan ia bantal, guling atau selimut.

2. Kasur khusus, pembatas tidur dan penjaga posisi bayi yang diklaim dapat mencegah kematian mendadak pada bayi (SIDS/Sudden Infant Death Syndrome). Produk-produk ini tidak perlu dibeli karena tidak terbukti mencegah SIDS. Bahkan, ada laporan bayi tercekik saat menggunakan produk ini.
Alternatif : posisikan bayi tidur telentang di kasur bayi yang tidak terlalu lembut seperti spring bed tanpa alat apapun.

3. Boks bayi (baby cribs) yang sisinya bisa naik turun. Perlengkapan bayi ini termasuk berbahaya karena terlibat dalam laporan kematian 32 bayi dan ratusan laporan cedera dari tahun 2000. Produk ini telah di larang edar di Amerika sejak tahun 2011. Bila Anda masih menemukan produk ini di pasaran, lupakan saja niat Anda untuk membelinya.
Alternatif : Beli boks bayi yang memenuhi standar seperti boksnya tidak bisa di buka-tutup, tidak ada jeda lebih dari 2 jari (6 cm) antara sela-sela boks dan matras, terbuat dari bahan yang kuat, dan tidak berumur lebih dari 10 tahun. Hal ini disebabkan produk yang beredar 10 tahun yang lalu banyak yang tidak memenuhi standar keamanan.

Perlengkapan Bayi kurang aman
Box Bayi Berpintu

4. Bumper. Bumper ialah bantalan agar bayi tidak terbentur sisi-sisi boks bayi. Penelitian telah menemukan 27 kematian bayi usia 1 bulan-2 tahun dari tercekik atau mati lemas karena bumper antara tahun 1985 dan 2005. Sebab itu, AAP (The American Academy of Pediatrics) menghimbau orangtua untuk tidak menggunakan bumper termasuk yang diklaim “breathable” atau masih bisa bernafas.
Alternatif : Tidak perlu gunakan apa-apa di sekitar boks bayi.

Perlengkapan Bayi : Bumper

5. Baby walker. Banyak orangtua yang beranggapan baby walker dapat membuat bayi cepat bisa berjalan. Nyatanya, baby walker malah bisa membuat bayi lebih lambat berjalan. Saat ini AAP menghimbau orangtua untuk meninggalkan baby walker. Bahkan, di Kanada penggunaan baby walker ini sudah dilarang. Alasan di balik ini ialah banyaknya laporan mengenai kecelakaan pada bayi saat penggunaan baby walker. Saat bayi menggunakan baby walker, ia dapat terjungkal dari tangga, menggapai benda-benda di atas meja yang mungkin berbahaya bagi bayi (seperti tertumpah air panas, bahan beracun, dsb) atau tecebur di kolam. Sayangnya, orangtua merasa ‘aman’ meninggalkan bayi di baby walker sehingga bayi luput dari penglihatan orangtua saat ia celaka di baby walker.
Alternatif : Tempat duduk aktivitas bayi yang tidak beroda.

6. Kursi bayi untuk mandi (Infant Bath Seats). Kursi mandi awalnya didesign untuk membantu bayi yang sudah bisa duduk (usia 6-8 bulan) agar duduk tegak saat mandi. Namun, orangtua sering menjadi salah kaprah karena merasa bayi sudah ‘aman’ ditinggal saat mandi. The Consumer Product Safety Commission (CPSC) melaporkan ada 174 kematian dan 300 kecelakaan pada bayi antara 1983-2009 akibat kelalaian penggunaan kursi mandi bayi. Sehingga, tahun 2010, CPSC mengeluarkan standar baru dan rambu-rambu bila orangtua ingin menggunakan kursi mandi.
Alternatif : Sebaiknya memang tidak pakai kursi mandi. Terlebih lagi kursi mandi keluaran lama (sebelum 2010). Lebih aman gunakan bak mandi khusus bayi yang terbuat dari plastik kokoh. Bila Anda tetap ingin gunakan, cek dulu label keamanannya. Paling penting jangan sesekali meninggalkan anak saat mandi.

Kursi Mandi Bayi
Kursi Mandi Bayi

7. Bumbo seat. Bumbo seat ialah kursi empuk dengan design cerah yang menarik bayi untuk duduk tegak. Tapi produk ini dipertanyakan ulang mengenai keamanannya. CPSC melaporkan bahwa terdapat 45 kecelakaan akibat bayi jatuh dari bumbo seat yang diletakkan di meja atau kursi dewasa. 17 bayi diantaranya berusia kurang dari 1 tahun dengan cedera kepala cukup serius. Meskipun terkesan stabil, bayi bisa terjatuh saat ia menunduk, bergerak maju atau bergoyang-goyang.
Alternatif : bouncer seat, kursi aktivitas bayi yang kokoh.

Bumbo Seat

8. Meja ganti bayi dengan batas yang tidak lengkap. Ayah bunda mugkin pernah lihat meja ganti bayi yang di satu sisinya tidak ada penyangga. Memang rasanya praktis karena orangtua tidak terhalangi saat mengganti popok/pakaian bayi. Namun, balita bisa terjatuh dari meja ganti tersebut. CPSC memperkirakan sekitar 4500 balita cedera akibat penggunaan meja ganti. Sehingga perlu hati-hati dalam memilih furnitur tersebut.
Alternatif : Pilihlah meja ganti dengan permukaan yang datar dengan penyangga di semua sisi. Lebih aman gunakan matras ganti pakaian yang diletakkan di lantai atau permukaan yang rendah. Selalu dampingi saat si kecil berganti pakaian.

Meja ganti bayi yang kurang aman

Semoga bermanfaat

Agustina Kadaristiana, dr.

12/24/2015

Referensi
1. Dangerous Baby Products to Avoid – Consumer Reports [Internet]. [cited 2015 Dec 24]. Available from: http://www.consumerreports.org/cro/2012/05/13-dangerous-baby-products-to-avoid/index.htm
2. A Safer Generation of Cribs [Internet]. U.S. Consumer Product Safety Commission. [cited 2015 Dec 24]. Available from: http://www.cpsc.gov/en/Safety-Education/Neighborhood-Safety-Network/Posters/Crib-Rules/
3. 2014 the BMABL updated: M. Baby bath seats [Internet]. BabyCenter. [cited 2015 Dec 24]. Available from: http://www.babycenter.com/0_baby-bath-seats_5753.bc
4. Baby Walkers: A Dangerous Choice [Internet]. HealthyChildren.org. [cited 2015 Dec 24]. Available from: http://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/at-home/Pages/Baby-Walkers-A-Dangerous-Choice.aspx
5. Samantha Hill, MD, Rupal Christine Gupta, MD. Choosing Safe Baby Products: Cribs. KidsHealth [Internet]. Available from: http://kidshealth.org/parent/firstaid_safe/home/products_cribs.html
6. Pediatrics AA of. Four million Bumbo seats recalled. AAP News. 2012 Aug 15;E120815–1.
7. Pediatrics AA of. New rules to improve safety of bedside sleepers. AAP News. 2014 Mar 1;35(3):26–26.
8. Reduce the Risk of SIDS [Internet]. HealthyChildren.org. [cited 2015 Dec 24]. Available from: http://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/sleep/Pages/Preventing-SIDS.aspx
9. Safe to Sleep® – Crib Information Center [Internet]. U.S. Consumer Product Safety Commission. [cited 2015 Dec 24]. Available from: http://www.cpsc.gov/en/Safety-Education/Safety-Education-Centers/cribs/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *