Salah Kaprah Tentang Diet Bebas Gluten

Saat ini produk berlabel gluten-free atau bebas gluten mulai dilirik masyarkat. Apalagi setelah diet bebas gluten dipopulerkan oleh media dan para artis. Banyak orang yang salah kaprah bahwa diet bebas gluten bagus untuk siapa saja. Lebih esktrim lagi bila Gluten dianggap musuh untuk orang yang sehat. Padahal, diet ini hanya diperuntukkan bagi orang yang mengidap Celiac disease (penyakit celiac). Lalu, apa efeknya bila diet bebas gluten dijalani oleh orang yang sehat?

Sekilas tentang gluten

Gluten ialah protein yang ditemukan pada makanan seperti gandum, rye, barley dan triticale (campuran antara gandum dan rye). Selain itu, gluten bisa ditemukan di lip balm dan lem di belakang amplop atau perangko. Diet bebas gluten artinya menghindari makanan apapun yang mengandung gluten dan olahanya seperti tepung terigu, mie, pasta, kue, roti, dressing salad, snack, dll.

gluten
Makanan Mengandung Gluten

Siapa yang membutuhkan diet bebas gluten?

Diet bebas gluten amat diperlukan bagi penderita Celiac disease (Penyakit celiac). Hal ini disebabkan gluten dapat merusak usus penderitanya. Sistem imun seseorang akan menyerang sel tubuh sendiri (autoimun) saat penderita mengkonsumsi gluten meskipun dalam jumlah yang amat sedikit. Efek yang paling sering ialah gangguan pencernaan seperti nyeri perut, diare kronis, berat badan turun, kurang gizi, dan tidak nafsu makan.

Selain itu, beberapa kondisi di bawah ini akan terbantu dengan menghindari atau mengurangi gluten meskipun tidak terlalu ketat. Misalnya :

  1. Penderita Intoleransi Gluten. Mirip halnya dengan gejala penyakit celiac, seseorang yang mengalami intoleransi gluten akan muncul gangguan pencernaan saat mengkonsumsi gluten. Perbedaannya, pada Intoleransi Gluten tidak sampai menimbulkan kerusakan usus.
  2. Penderita alergi gluten dan protein gandum.  Pada penderita penyakit ini, konsumsi gluten akan mencetuskan reaksi alergi. Gejala bisa berupa gangguan pernafasan (bersin, pilek, sesak), saluran cerna (nyeri perut, diare, perut kembung), dan kulit (gatal-gatal, biduran, dsb).
  3. Penderita penyakit autoimun lain seperti Diabetes Mellitus Tipe 1, Rheumatoid Arthritis, sindroma iritabel usus.

Bagaimana bila diet bebas gluten dijalani oleh orang umum?

Sampai saat ini tidak ada bukti bahwa diet bebas gluten bermanfaat bila dijalani orang umum tanpa penyakit-penyakit tadi. Bahkan Anda perlu waspada dengan kerugian diet gluten tanpa alasan medis yang jelas, karena :

  • Penyakit celiac jarang terjadi pada orang Asia termasuk Indonesia. Mayoritas penderitanya ialah ras kaukasian (orang Barat/ bule)
  • Adanya resiko kekurangan zat gizi. Dengan melakukan diet bebas gluten, Anda beresiko kekurangan vitamin dan mineral seperti vitamin B, kalsium, zat besi, magnesium dan serat. Terutama pada orang yang mengkonsumsi olahan gandum sebagai makanan pokok (seperti orang Barat pada umumnya).
  • Makanan yang mengandung gluten sendiri sebenarnya bermanfaat bagi orang yang sehat. Seperti menurunkan lemak trigliserida, mengontrol tekanan darah, meningkatkan fungsi imun, dan dapat melindungi usus dari kanker.
  • Membeli produk berlabel bebas gluten di pasaran bisa jadi lebih boros. Padahal, makanan sehari-hari orang Indonesia sendiri sudah bebas gluten. Contohnya, nasi, kentang, ubi, singkong, sayur, telur, ikan, daging, susu, dsb.
Gluten-free-list
Diet Bebas Gluten

Apakah diet bebas gluten bermanfaat untuk menurunkan berat badan?

Salah satu klaim kesehatan yang digembor-gemborkan media dan artis ialah diet bebas gluten bagus untuk menurunkan berat badan. Padahal, sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyokong klaim ini. Bahkan, hasil dari beberapa studi menyebutkan bahwa diet bebas gluten malah dapat memperburuk status Indeks Masa Tubuh pada orang yang obesitas dan berat badan berlebih. Hal ini disebabkan olahan makanan bebas gluten malah tinggi lemak dan energi.

Apakah benar diet bebas gluten bermanfaat untuk anak autis?

Saat ini, diet bebas gluten juga populer dijalani oleh anak yang autis. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang cukup bahwa diet bebas gluten bermanfaat untuk anak dengan spektrum autis. Bahkan AAP (The American Academy of Pediatrics) tidak mendukung diet bebas gluten untuk terapi utama anak autis.

Jadi, tidak perlu termakan iklan dengan klaim berlebihan dari diet bebas gluten. Diet bebas gluten memang amat diperlukan hanya pada pengidap penyakit tertentu. Bila Anda curiga mengalami gangguan pencernaan atau alergi karena makanan mengandung gluten, silakan Anda hubungi dokter untuk mengecek kondisi Anda. Putuskan untuk melakukan diet bebas gluten hanya setelah Anda didiagnosis mengidap penyakit Celiac, intoleransi gluten, alergi gluten dan gandum serta penyakit autoimun lain (Diabetes Mellitus Tipe 1, Rheumatoid Arthritis, dll). Semoga bermanfaat.

Agustina Kadaristiana, dr.

11/15/2015

Referensi

1. Gujral N, Freeman HJ, Thomson AB. Celiac disease: Prevalence, diagnosis, pathogenesis and treatment. World J Gastroenterol WJG. 2012 Nov 14;18(42):6036–59.
2. Celiac Sprue: Practice Essentials, Background, Pathophysiology. 2015 Sep 17 [cited 2015 Nov 15]; Available from: http://emedicine.medscape.com/article/171805-overview
3. Gluten-Free/Casein-Free Diets [Internet]. HealthyChildren.org. [cited 2015 Nov 15]. Available from: http://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/Gluten-Free-Casein-Free-Diets.aspx
4. Gluten-free diet. Mayo Clin [Internet]. 2014 Nov 25; Available from: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/gluten-free-diet/art-20048530
5. Gaesser GA, Angadi SS. Gluten-Free Diet: Imprudent Dietary Advice for the General Population? J Acad Nutr Diet. 2012 Sep 1;112(9):1330–3.
6. Gluten Free Diet: Learn About Benefits, Plans and Recipes [Internet]. MedicineNet. [cited 2015 Nov 15]. Available from: http://www.medicinenet.com/celiac_disease_gluten_free_diet/article.htm
7. Jaret P. The Truth About Gluten [Internet]. WebMD. [cited 2015 Nov 15]. Available from: http://www.webmd.com/diet/healthy-kitchen-11/truth-about-gluten
8. Alex ADA 1701 NBS, ria, 1-800-Diabetes V 22311. What Foods Have Gluten? [Internet]. American Diabetes Association. [cited 2015 Nov 15]. Available from: http://www.diabetes.org/food-and-fitness/food/planning-meals/gluten-free-diets/what-foods-have-gluten.html

2 thoughts on “Salah Kaprah Tentang Diet Bebas Gluten

  1. Ya gak salah kaprahlah, orang berjaga2x dr gluten krn banyak koq yg gak sadar kl dia intoleran n sering sakit, sama saja dng pilihan orang utk vegetarian, bhn lain yg bebas gluten oun boanyak koq gizin vitaminnya

    1. Halo Amir, tentu bertindak hati-hati untuk memahami kesehatan tubuh kita sendiri adalah langkah yang sangat bagus. Yang dimaksud salah kaprah disini ialah meneruskan diet bebas gluten untuk orang yang tidak alergi gluten. Karena resiko defisiensi nutrien yang malah membahayakan orang yang tidak mengalami penyakit celiac. Adapun beberapa gejala intoleransi Gluten ialah diare kronis berulang, berat badan turun, sering kembung, sering nyeru ulu hati, anemia atau defisiensi vitamin tanpa penyebab yang jelas, dsb. Bila ada yang mengalami hal demikian, silakan hubungi dokter Anda untuk diperiksa lebih lanjut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *