Tanda Bayi Cukup ASI

Saat pertama menyusui, ibu mungkin pernah merasa khawatir apakah ASI yang ibu berikan cukup. Terlebih lagi saat produksi ASI belum terlalu banyak di hari-hari pertama ia lahir. Lalu, bagaimana tanda bayi cukup ASI?

Tanda Bayi Cukup ASI

Tanda Bayi Cukup ASI
Tanda Bayi Cukup ASI

Menilai cukup atau tidaknya buah hati Anda mendapat ASI sebenarnya amat mudah. Secara kasat mata, bayi yang cukup ASI akan terlihat aktif, ceria, sehat, kulit yang segar dan kencang juga tumbuh dengan baik. Namun, untuk penilaian yang lebih pasti, Ayah bunda perlu memperhatikan produksi ASI, kondisi bayi, pola ia menyusu, berat badan serta pola buang air kecil dan besar. Berikut ini uraian mengenai tanda bayi cukup ASI yang perlu ayah bunda ketahui.

  1. Produksi ASI. Ayah ibu tidak perlu khawatir apabila hari pertama ASI Anda tidak banyak karena kebutuhan nutrisi bayi Anda juga masih sedikit. Teruslah berusaha menyusui saat bayi terlihat lapar. Selang 2-4 hari setelah melahirkan biasanya produksi ASI akan mulai melimpah. Payudara Ibu akan bertambah besar, berat, lebih hangat dan seringkali ASI menetes dengan sendirinya. Ini merupakan salah satu ciri produksi ASI cukup.
  2. Pola menyusui bayi. ASI ialah nutrisi pertama dan utama pada bayi. Sehingga, pada minggu pertama wajar bila bayi Anda sering menyusui. Salah satu tanda bayi cukup ASI ialah bayi menyusui 8-12 kali sehari dengan perlekatan yang benar secara teratur minimal 10 menit pada tiap payudara. Bayi juga akan tampak puas setelah menyusu dan seringkali tertidur saat menyusu terutama pada payudara yang kedua. Setelah bayi semakin besar, ia semakin handal untuk mengisap ASI. Jadi wajar apabila setelah minggu pertama frekuensi menyusui semakin berkurang menjadi 7-9 kali sehari dengan durasi yang lebih sebentar.
  3. Buang Air Kecil. Tanda bayi cukup ASI juga bisa dilihat dari apa yang ia keluarkan. Normalnya, bayi baru lahir akan buang air kecil >6x sehari dengan kencing berwarna jernih dan tidak kekuningan. Kencing yang berwarna pekat atau keluar butiran halus kemerahan bisa jadi menjadi tanda bayi Anda mengalami dehidrasi karena kurang ASI. Pee-Chart
  4. Buang Air Besar. Pola buang air besar juga bisa menjadi tanda bayi cukup ASI atau tidak. Bayi di bawah 1 bulan yang sehat umumnya akan buang air besar >4x sehari dengan volume paling tidak 1 sendok makan dan bukan hanya berupa noda membekas pada popok bayi. Feses berwarna kekuningan dengan terdapat butiran-butiran putih susu (seedy milk). Bila setelah hari ke 5 feses bayi masih hitam seperti ter (mekonium) atau hijau kecoklatan, mungkin ini tanda salah satu bayi kurang mendapat ASI. Anda tidak perlu khawatir bila bayi Anda buang air besar setiap kali menyusui. Hal ini merupakan perkara normal dan biasa terjadi. poo-changes
  5. Berat badan. Pada hari-hari pertama kehidupan bayi, normal apabila berat badan bayi turun sekitar 5-7% dari berat badan lahir. Namun, penurunan berat badan ini biasanya akan terhenti pada hari ke lima. Setelah itu, berat badan bayi akan perlahan naik dan kembali seperti berat lahir pada usia 10-14 hari setelah lahir. Bila bayi Anda mendapatkan cukup ASI, berat badannya tidak akan turun lebih dari 10% di hari-hari awal. Selain itu, berat badan bayi akan naik 15-40 gram per hari dengan ASI setelah minggu pertama.
  6. Hati-hati dengan nyeri puting. Puting payudara akan terasa sedikit sakit pada hari-hari pertama menyusui. Apabila sakit ini bertambah setelah 5-7 hari disertai dengan lecet, ibu perlu berhati-hati. Pasalnya, ini merupakan tanda bahwa bayi tidak melekat dengan baik saat menyusui. Apabila tidak segera ditangani, maka hal ini dapat menurunkan produksi ASI dan mengurangi kecukupan ASI pada bayi. Segera atasi dengan membetulkan posisi dan perlekatan bayi. Bila perlu, konsultasikan dengan konselor ASI atau tenaga kesehatan.

Semoga bermanfaat ya ayah bunda..

Agustina Kadaristiana, dr.

11/29/2015

Referensi

1. How can I tell if my baby is getting enough milk? Leche Leag Int [Internet]. 2006 Oct 29; Available from: http://www.llli.org/faq/enough.html
2. Maria Mexitalia. Air Susu Ibu dan Menyusui. In: Buku Ajar Nutrisi Pediatrik dan Penyakit Metabolik. I. IDAI; 2011. p. 85.
3. Richard J Schanler, MD, Debra C Potak, RN, BSN, IBCLC. Initiation of Breastfeeding. Uptodate. 2015 Sep 9;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *