Menyanyi Dapat Membuat Bayi Tenang Lebih Lama

Apa yang Anda lakukan bila bayi kecil anda mulai gelisah dan hendak menangis? Secara naluri tentu kita ingin menghibur dengan cepat-cepat menghampiri, mengajaknya bicara, bermain, bernyanyi atau menggendong. Tapi pernahkah terpikir oleh ayah bunda manakah cara yang paling efektif membuat bayi tenang lebih lama?

Menyanyi dan Emosi Bayi

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Isabelle Peretz dari Universitas Montreal menyebutkan bahwa menyanyi di dekat bayi membuat bayi tenang lebih lama daripada sekedar bicara. Dalam penelitian ini dilakukan dua eksperimen pada 30 bayi sehat usia 6-9 bulan.

Pada eksperimen pertama, saat bayi tenang, bayi diperdengarkan rekaman suara orang dewasa atau nyanyian dari bahasa yang mereka tidak kenal (Bahasa Turki). Meskipun berada di ruangan yang sama, orangtua juga berdiri di belakang bayi saat eksperimen berlangsung. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan respon si kecil tidak dipengaruhi oleh kepekaan terhadap suara orang tua dan bahasa. Setelah itu, respon direkam sampai terlihat ekspresi negatif atau gelisah pada wajah. Sedangkan eksperimen kedua, dilakukan perlakuan yang hampir sama kecuali bayi diperdengarkan rekaman ibunya menyanyi dalam bahasa yang familiar bagi mereka (dalam penelitian ini bahasa Perancis).

Ternyata, hasil eksperimen menunjukkan bahwa bayi lebih lama tenang saat mereka mendengarkan musik meskipun saat itu bayi berada dalam ruangan yang steril, tanpa mainan, tanpa rangsangan visual atau sentuhan. Hal ini disebabkan perasaan bayi positif dan terhindar dari stress lebih lama saat mendengarkan suara wanita bernyanyi. Yang menarik, bayi justru lebih lama tenang saat mendengarkan suara nyanyian dari suara dan bahasa yang tidak familiar seperti eksperimen pertama. Saat eksperimen pertama, bayi lebih tenang selama 9 menit sedangkan pada eksperimen kedua bayi bertahan untuk tenang selama 6 menit.

gambar

Dari eksperimen ini, peneliti menyarankan untuk memperdengarkan lagu untuk bayi dengan irama dan tempo yang teratur bila ingin membuat mereka tenang lebih lama. Hal ini diduga dapat membuat bayi terhibur dan merangsang bayi untuk dapat memprediksi apa yang mereka dengar.Jadi, sudah siap mencoba menghibur bayi Anda dengan menyanyi? 🙂

Untitled

Agustina Kadaristiana, dr.

10/31/2015

Referensi

Corbeil M, Trehub SE, Peretz I. Singing Delays the Onset of Infant Distress. Infancy [Internet]. 2015 Sep 1 [cited 2015 Oct 31]; Available from: http://onlinelibrary.wiley.com.ezlibproxy1.ntu.edu.sg/doi/10.1111/infa.12114/abstract

Gambar di unduh dari : http://mediafiles.parentscanada.com/Images/Articles/mom-playing-guitar-baby-620×400.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *