Tips Agar Lahir Normal

Setiap ibu pada umumnya menghendaki persalinan yang lancar dan normal. Lahir normal adalah persalinan melalui jalan lahir (vagina), spontan (dengan tenaga ibu seluruhnya), dan janin dalam posisi belakang kepala (bayi tengkurap, dan kepala menunduk sehingga yang tampak pertama saat lahir adalah ubun-ubun kecilnya). Persalinan normal sebaiknya juga diikuti dengan lahirnya bayi yang normal. Bayi tersebut langsung menangis saat lahir, gerakannya kuat, dan kulitnya berwarna kemerahan. Faktor-faktor yang memengaruhi persalinan normal disingkat dengan 5P. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijalani selama masa prenatal sehingga dapat memudahkan persalinan normal.

P1 (Power)/Kekuatan

Agar P1 (power) ibu kuat, biasakan hidup sehat, makan makanan seimbang, dan berolah raga teratur. Konsumsi susu dan suplemen agar daya tahan tubuh terjaga. Mintalah pemeriksaan laboratorium guna mengetahui adanya anemia atau penyakit lain. Jauhkan diri dari sumber penyakit, misalnya tidak terpapar polusi atau asap rokok. Jangan mendekat apabila ada rekan yang menderita penyakit menular. Apabila ada, ikutilah kelas prenatal atau senam hamil, sehingga fisik dan psikis sudah terkondisi dengan pola napas saat kontraksi, atau posisi tubuh saat bersalin. Cara mengejan yang benar juga bisa dipelajari di kelas ini.

childbirth456

P2 (Passage)/Jalan lahir

Agar P2 (passage) tak bermasalah, pastikan bahwa panggul normal. Pada umumnya akan dilakukan pemeriksaan panggul saat kehamilan memasuki usia 36 pekan. Kesehatan panggul ini memang sudah harus dimulai sejak dini, agar tidak terpapar penyakit yang merusak tulang. Untuk kelenturan sendi panggul, lakukan senam hamil atau berenang. Jalan kaki juga baik untuk kelenturan sendi panggul. Allah sebenarnya juga sudah menyiapkan P2 ini dengan adanya hormon relaksin yang bersifat melonggarkan sendi.

P3 (Passanger)/Bayi

Supaya P3 (passenger) bisa lancar melalui jalan lahir, maka sebaiknya berat badan bayi tidak terlalu besar, jangan lebih dari 4 kilogram. Biasanya ukuran janin yang besar ini sudah dapat dideteksi sebelumnya, sehingga dokter akan menasihatkan untuk mengurangi makanan atau minuman berkalori tinggi. Namun, kondisi ibu bisa juga membuat janin besar, yaitu apabila ibu menderita penyakit Diabetes Melitus (kencing manis) yang tidak terkendali. Karena itu, periksalah gula darah sebelum hamil, terutama bila diketahui ada riwayat keluarga yang menderita penyakit tersebut.

5183371_s

P4 (Psikis)

P4 (psikis) semata-mata bergantung pada ibu sendiri. Persiapkan jiwa dan raga untuk hamil dan bersalin. Persiapkan jiwa dan raga untuk hamil dan bersalin. Tambahlah pengetahuan dengan banyak membaca dan berkonsultasi dengan ahlinya. Jangan racuni diri dengan mitos yang tidak jelas tujuannya. Persiapkan ruhiyah dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah. Pengalaman membuktikan, ibu yang siap menghadapi persalinan dengan segala rasa nyerinya, biasanya proses persalinan akan berjalan dengan lancar.

bidan-cantik

P5 (Penolong)

Penolong (P5), perlu ditentukan semenjak hamil. Persalinan tidak harus selalu ditolong oleh dokter kandungan. Kehamilan risiko rendah bisa ditolong oleh bidan. Namun, kasus kehamilan risiko tinggi sebaiknya ditolong oleh dokter. Bidan yang baik dan berpengalaman akan mampu menyaring kasus, mana yang bisa ditolong bidan, mana yang harus dirujuk ke dokter. Tidak dianjurkan untuk bersalin dengan dukun beranak. Siapa yang akan mendampingi saat bersalin nanti, tentukan sejak dini.

Depok, 9 Juli 2015

Reqgi First Trasia, dr.

Referensi :

  1. Chescheir, C. Nancy¸ et al. 2000. Planning Your Pregnancy and Birth. 3rd edition. The Americal College of Obstetricians and Gynecology. Washington.
  2. Cunningham, G, et al. 2010. William Obstetrics. 23rd edition. Mc Graw Hill. New York.
  3. Evans, A. 2007. Manual Obstetrics. Lippincot Williams and Wilkins. Philadelphia.
  4. Novak, Patricia D. 1995. Dorland’s Pocket and Medical Dictionary. 25th edition. WB Saunders Company. Philadelphia.
  5. Oats J, Abraham S, Lwellyn. 2010. Jones Fundamentals of Obstetrics and Gynecology. Mosby Elsevier. Edinburg. 6. Kusumaningsih, Prita. 2011. Membentangkan Surga di Rahim Bunda. Qultum Media: Jakarta.

Gambar di unduh dari :

  • http://www.inhabitots.com/choosing-a-childbirth-education-class/
  • http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/bidan-cantik.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *