Tips Perawatan Payudara Saat Menyusui

Untuk menunjang pemberian ASI eksklusif, perawatan payudara perlu mendapatkan perhatian serius dari ibu menyusui. Payudara yang sehat dan terawat baik, mampu melancarkan produksi ASI, sehingga pemberian ASI pun kian menjadi aktivitas rutin yang membahagiakan. Berikut tips merawat payudara:

  • Gunakan bra yang mampu menyerap keringat, menyangga payudara dengan baik, dan tidak terlalu sempit. Kalau bisa, pilih bra yang ‘berjendela’ untuk memudahkan Anda memberikan ASI.
  • Bersihkan kedua putting Anda dengan air hangat setiap habis mandi. Hindari bagian puting terkena sabun mandi. Sebab dapat membuatnya kering dan terkelupas, sehingga menimbulkan rasa nyeri saat menyusui.
  • Jangan menyentuh payudara dalam kondisi tangan belum dicuci dengan baik.
  • Jika terjadi luka atau lecet pada putting Anda, oleskan ASI di seputar putting. ASI akan melembabkan putting dan dapat mencegah infeksi.
  • Jika Anda merasa kurang percaya diri dengan bentuk putting Anda yang agak melesak ke dalam, Anda dapat mencoba menggunakan alat penarik putting (nipple corrector). Namun, alat ini mungkin tidak dapat membuat puting menonjol dalam waktu sekejap. Perlu berminggu-minggu melakukannya dengan sabar. Bila perlu, mintalah saran dokter tentang penggunaan alat ini.
nipplecorrector
Nipple corrector

 

Depok, 25 Maret 2015

Reqgi First Trasia, dr.

Referensi :

  1. Health WA Team. 2014. Breastfeeding and Breast Care. Western Australia : Departement of Health, Women and Newborn Health Service
  2. Rusli, Utami. 2004. Seri 1 Mengenal ASI Eksklusif. Jakarta: Trubus Agriwidya.
  3. Eveline, Nanang. 2010. Panduan Pintar Merawat Bayi dan Balita. Jakarta : Wahyu Media. Pg 36

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *